Ilustrasi sakit perut Blogdoctoroz.com/
Health

Tanda Sakit Perut yang Berhubungan dengan Sakit Jantung

Mia Chitra Dinisari
Senin, 25 April 2022 - 08:59
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA -Sesak napas, sesak di dada, nyeri di lengan atau bahu adalah gejala klasik serangan jantung ini.

Tetapi tanda-tanda lain dari masalah jantung dapat bermanifestasi dengan cara yang mengejutkan terutama dalam bentuk masalah perut.

Usus berhubungan dengan begitu banyak aspek kesehatan seseorang, masuk akal jika usus juga terhubung dengan jantung. "Mikrobioma usus adalah salah satu mikrobioma terbesar dan terpenting dalam tubuh," jelas Mahmud Kara, MD, pencipta KaraMD.com dan spesialis penyakit dalam.

Usus berisi jutaan neuron yang berinteraksi dengan bagian lain dari tubuh di luar hanya saluran pencernaan.

Mulas bisa berarti masalah jantung.

Melansir Best Life, sebagian besar dari kita sudah familiar dengan perasaan mulas, sensasi terbakar di dada atau perut yang terkadang disertai dengan refluks asam. Banyak hal yang dapat menyebabkan mulas seperti makan makanan berminyak atau pedas, tidur dengan posisi tertentu, dan ngemil larut malam yang terjadi ketika asam pencernaan masuk ke kerongkongan. Namun perasaan serupa bisa saja terjadi saat seseorang mengalami gangguan jantung.

Aliran darah yang tidak mencukupi ke jantung dapat menyebabkan nyeri dada yang mirip dengan ketidaknyamanan gangguan pencernaan, lapor Harvard Health. Faktanya, "dari lebih dari delapan juta kunjungan ruang gawat darurat untuk nyeri dada setiap tahun, mulas yang parah menyumbang lebih dari setengah kasus di mana masalah jantung yang sebenarnya dikesampingkan."

Jadi bagaimana Anda bisa membedakan antara sakit maag dan masalah jantung? The American Heart Association menjelaskan bahwa nyeri dada akibat serangan jantung "berlangsung lebih dari beberapa menit, atau hilang dan muncul kembali." Selain itu, "rasanya seperti tekanan yang tidak nyaman, diremas, penuh, atau sakit." Kara menyarankan untuk selalu mencari pertolongan medis jika Anda memiliki gejala yang mengkhawatirkan.

Pembengkakan mungkin berhubungan dengan kesehatan jantung.

Pembengkakan perut mungkin tampak lebih mungkin terjadi setelah terlalu banyak makan dan minum, tetapi itu sebenarnya bisa menjadi gejala gagal jantung. Gagal jantung kongestif (CHF) dapat menyebabkan penumpukan darah di dada, yang kemudian meresap ke dalam perut. Hasil dari pengumpulan cairan ini mungkin perut yang bengkak.

Ketika pembengkakan perut terjadi bersama dengan gejala lain (termasuk mengi, sesak napas, pembengkakan di kaki, dan/atau detak jantung tidak teratur), itu mungkin merupakan tanda gagal jantung. Menurut Sistem Kesehatan Gunung Sinai, Anda harus mencari bantuan dari dokter jika pembengkakan terjadi dengan tanda-tanda peringatan lain dan semakin memburuk. Perut yang nyeri, demam, buang air besar yang tidak biasa, atau ketidakmampuan untuk minum atau makan adalah indikator bahwa Anda mungkin memerlukan bantuan profesional.

Diet jantung sehat dapat membantu mencegah pembengkakan perut yang disebabkan oleh masalah pencernaan dan masalah jantung. "Makanan tertentu dapat membantu jantung Anda dengan cara yang berbeda," kata Kara, yang juga merekomendasikan untuk tetap terhidrasi. "Minum banyak air. Menjaga asupan air tetap tinggi adalah bagian dari protokol jantung yang sehat."

Apakah itu serangan jantung atau sakit perut?

Apakah itu masalah jantung, keracunan makanan, atau penyakit perut? Terkadang gejalanya tampak tidak bisa dibedakan. Mual dan muntah dapat terjadi selama serangan jantung karena penurunan fungsi jantung dan pelepasan metabolit karena suplai darah yang tidak memadai. "Gejala dari kemungkinan masalah jantung dapat mencakup—tetapi tidak terbatas pada—rasa tidak nyaman di dada, mual, mulas/gangguan pencernaan, sakit perut, [dan] pusing," jelas Kara. "Di sisi lain, gejala penyakit GI seperti flu perut, atau penyakit terkait makanan seperti keracunan makanan, bisa serupa karena masalah ini dapat menyebabkan mual, muntah, diare, dan mulas."

Beberapa gejala dapat membantu Anda membedakannya. "Masalah yang berhubungan dengan jantung, tidak seperti gejala serangga atau penyakit yang berhubungan dengan makanan, mungkin termasuk mati rasa atau nyeri dada yang dapat menyebar ke lengan, kaki, atau daerah leher/rahang/tenggorokan," kata Kara. "Pada akhirnya, Anda harus selalu berkonsultasi dengan dokter Anda atau mencari bantuan medis jika Anda memiliki gejala yang mengkhawatirkan."

Lindungi jantung Anda dengan kebiasaan sehat

Mengingat hubungan antara usus dan jantung Anda, diet sehat—bersama dengan gaya hidup sehat—merupakan komponen penting dari pencegahan penyakit jantung. Belajar tentang jumlah kalori ideal Anda dan bagaimana Anda dapat melakukan aktivitas fisik secara teratur adalah kuncinya. "Untuk meningkatkan kesehatan jantung Anda, pendidikan adalah dasar," kata Kara. "Mempelajari makanan apa yang harus dimakan, cara berolahraga, dan cara mengelola stres."

The American Heart Association merekomendasikan setidaknya 75 menit aktivitas fisik yang kuat, 150 menit aktivitas fisik sedang, atau kombinasi keduanya setiap minggu: "Aktivitas fisik secara teratur dapat membantu Anda mempertahankan berat badan, menjaga berat badan yang Anda turunkan, dan mencapai tujuan fisik. dan kebugaran kardiovaskular.

Biji-bijian utuh, alpukat, ikan dan minyak ikan, kacang-kacangan, dan sayuran hijau adalah keharusan untuk kesehatan jantung, menurut Kara—selain minum cukup air. "Air adalah salah satu komponen dasar yang menjaga tubuh kita dan semua sistemnya berfungsi dengan baik, jadi minum cukup di siang hari sangat penting untuk kesehatan Anda," katanya.

Kara juga merekomendasikan untuk menghindari makanan tinggi gula dan olahan, karbohidrat olahan, alkohol dan natrium berlebih, serta makanan dengan aditif dan racun. "Makanan ini dapat menyebabkan banyak masalah kesehatan, dan dapat berdampak negatif pada kesehatan jantung Anda," katanya. Dan terakhir, hindari produk tembakau—yang "dapat merusak jantung dan pembuluh darah Anda secara permanen," memperingatkan Badan Pengawas Obat dan Makanan AS. "Ini dapat menyebabkan penyakit kardiovaskular."

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro