Foto udara truk angkutan barang antre memasuki kapal di Pelabuhan Ketapang, Banyuwangi, Jawa Timur, Minggu (24/4/2022). ANTARA FOTO/Budi Candra Setya
Relationship

Mau Halal Bihalal Lebaran, Waspadai Penularan di Ruang Tertutup

Robby Fathan
Senin, 25 April 2022 - 13:26
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA – Penyebaran Virus Corona masih cukup tinggi di Indoneisa, penyebaran virus ini lebih berisiko terjadi di ruang tertutup.

Dengan potensi penyebaran virus corona melalui udara, masyarakat dihimbau untuk lebih berhati-hati dan tetap menjaga protokol kesehatan, terutama pada ruangan tertutup dengan ventilasi yang kurang baik

Karena Droplets atau Aerosol dapat menyebarkan virus lebih Covid-19 lebih mudah, saat seseorang yang terinfeksi covid-19 berbicara, bernafas, bersin atau batuk, droplets dan aerosol dapat terbawa udara sampai 8 meter.

Untuk itu menghindari ruang tertutup dan menjaga kebersihan udara ruang tertutup sangat penting dilakukan untuk pencegahan penularan virus covid-19, Dokter Mummad Fajri Adda’i melalui akun instagram miliknya @dr.fajriaddai memberikan tips agah mencegah terjadinya penularan di ruang tertutup.

Ventilasi yang baik akan melindungi Anda dari Covid-19

Tanpa Ventilasi, aerosol berisi kuman dapat bertahan di udara, konsentrasinya bertambah seiring waktu berjalan, oleh karenanya ciptakan sirkulasi udara yang baik dengan dua jendela jika memungkinkan, buka lah jendela Anda agar udara segar masuk, lakukan ini jika di ruangan yang mempunyai ventilasi silang. Berupa jendela atau pintu yang letaknya bersebrangan di dalam satu ruangan, agar sirkulasi udara mengalir dengan baik.

Penularan Covid-19 perlu diterapkan pada ruangan tertutup, terutama ruangan ber-AC.

Pada ruangan ber-AC, alat pendingin udara itu cenderung mengempaskan udara dengan kipas. Hal ini berpotensi membuat droplet tersebar ke penjuru ruangan.

Oleh karena itu, penting untuk tetap menggunakan masker baik di dalam maupun di luar ruangan Masker juga sebaiknya jangan dilepas meski berada di ruangan tertutup dalam jangka waktu lama, kecuali saat makan dan minum.

Dan juga hindari makanan dalam kemasan terlebih lagi prasmanan pada saat halal bihalal, karena rawan penularan covid-19.

Untuk tetap terjaga dari virus covid-19 Anda harus lakukan perlindungan untuk diri sendiri dan orang lain, seperti tetap rajin membersihkan tangan, tetap menjaga jarak, selalu kenakan masker, segera lakukan tes dan lakukan isolasi maupun karantina apalabila sudah bergejala, selalu buka jendela dan hindari kerumunan, dan dapatkan vaksin dosis lengkap.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Robby Fathan
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro