Hepatitis B/istimewa
Health

Terjadi di 12 Negara, Berikut Gejala Strain Hepatitis Misterius

Intan Riskina Ichsan
Rabu, 27 April 2022 - 15:16
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA — Orang tua didesak untuk waspada terhadap tanda dan gejala hepatitis pada anak-anak setelah wabah strain misterius telah menyebabkan setidaknya satu kematian dan 17 membutuhkan transplantasi hati.

Pusat Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Eropa (ECDC) diperingatkan pekan lalu tentang peningkatan lebih lanjut dalam kasus hepatitis "yang tidak diketahui asalnya" pada anak-anak di beberapa negara.

Kasus peradangan hati yang tidak dapat dijelaskan pertama kali terdeteksi di Skotlandia pada awal April, dan sejak itu telah dilaporkan di 12 negara yaitu Irlandia, Inggris, Spanyol, Israel, Denmark, Italia, Norwegia, Prancis, Rumania, Belgia, Belanda, dan Amerika Serikat.

Hingga Sabtu, 169 kasus dilaporkan ke Organisasi Kesehatan Dunia. Dari mereka, setidaknya satu anak telah meninggal dan 17 menjadi sangat sakit sehingga mereka membutuhkan transplantasi hati. Kasus yang dikonfirmasi melibatkan anak-anak berusia antara satu bulan dan 16 tahun.

Virus umum yang menyebabkan hepatitis (virus hepatitis A, B, C, dan E) belum terdeteksi di semua kasus. Kemungkinan penyebab hepatitis lainnya sedang diselidiki.

Tanda dan Gejala yang Harus Diwaspadai

Orang tua disarankan untuk mewaspadai gejala hepatitis dan pergi ke dokter umum mereka, jika anak mereka mengembangkan penyakit kuning yaitu perubahan warna putih mata, urin gelap dan/atau tinja pucat)

Dokter umum akan menilai anak dan merujuk untuk penilaian lebih lanjut seperti yang ditunjukkan. Jika anak Anda tidak sehat dengan gejala pernapasan, diare atau hepatitis, biarkan anak Anda di rumah, dan jangan kirim ke penitipan anak/prasekolah/sekolah sampai mereka sembuh.

Sebuah studi baru-baru ini dari ECDC terhadap 61 kasus yang dilaporkan di Inggris hingga 12 April menemukan bahwa mereka secara klinis menunjukkan hepatitis akut yang parah, dengan peningkatan kadar enzim hati, dan banyak yang mengalami penyakit kuning.

Beberapa kasus melaporkan gejala gastrointestinal, termasuk sakit perut, diare dan muntah pada minggu-minggu sebelumnya. Kebanyakan kasus tidak demam. Beberapa kasus memerlukan perawatan di unit hati anak spesialis dan beberapa telah menjalani transplantasi hati.

Hipotesis awal oleh tim insiden di Inggris seputar asal usul kasus yang berpusat di sekitar agen infeksi atau kemungkinan paparan racun. Tidak ada tautan ke vaksin Covid-19 yang diidentifikasi dari kuesioner untuk kasus-kasus tentang makanan, minuman, dan kebiasaan pribadi.

Investigasi toksikologi sedang berlangsung tetapi etiologi infeksi dianggap lebih mungkin mengingat gambaran epidemiologis dan fitur klinis kasus.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro