Makanan berserat/boldsky.com
Health

Ternyata, Kebanyakan Konsumsi Serat Bisa Berdampak Buruk Semacam Ini

Intan Riskina Ichsan
Kamis, 28 April 2022 - 20:20
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA — Anda membutuhkan serat untuk banyak hal yang berhubungan dengan kesehatan, tetapi ternyata makan terlalu banyak serat dapat menyebabkan banyak ketidaknyamanan.

Selalu yang berlebihan memang tidak baik. Dilansir dari Eat This Not That, misalnya, protein sebagai nutrisi penting namun jika terlalu banyak dapat menyebabkan kabut otak, kembung, dan penambahan berat badan. Ada juga vitamin seperti vitamin D yang dapat menyebabkan iritabilitas, kelelahan, atau mual.

Serat adalah komponen penting dari diet apa pun dan dapat membantu berkontribusi pada kesehatan secara keseluruhan. Orang-orang di seluruh dunia yang memiliki tingkat umur panjang tertinggi makan banyak serat setiap hari.

Asupan serat yang cukup telah dikaitkan dengan kesehatan usus dan telah terbukti berperan dalam meningkatkan berbagai risiko penyakit

Serat diperlukan untuk saluran pencernaan yang sehat, serta jantung yang sehat, mikrobioma usus, dan pengelolaan berat badan, tekanan darah, dan kolesterol Anda. Tapi apa yang terjadi jika Anda makan terlalu banyak serat? Beberapa ahli diet berbicara mengenai kemungkinan efek samping dari makan terlalu banyak serat secara teratur.

Menurut Trista Best, MPH, RD, LD di Balance One Supplements, wanita dianjurkan mengonsumsi 21 hingga 25 gram serat sehari, sedangkan pria dianjurkan mengonsumsi 30 hingga 38 gram sehari. Jika berlebihan maka ini yang akan terjadi:

1. Menjadi lebih sembelit

Banyak orang fokus pada peningkatan asupan serat larut untuk membantu menurunkan kolesterol dan/atau meningkatkan kontrol gula darah. Sedikit yang mereka tahu bahwa meningkatkan asupan serat larut sebenarnya dapat menyebabkan sembelit, terutama tanpa minum air dalam jumlah yang cukup.

Serat dan air bekerja sama untuk menghasilkan massa yang besar. Membantu agar tetap bergerak melalui saluran pencernaan. Tanpa air, tinja akan terbentuk tetapi mereka akan sulit bergerak. Pada akhirnya, jika Anda meningkatkan asupan serat, Anda juga harus meningkatkan asupan cairan. Atau, setidaknya pastikan Anda minum cukup cairan setiap hari.

2. Menyebabkan diare

Meskipun serat dimaksudkan untuk membantu Anda pergi ke kamar mandi, terlalu banyak serat justru dapat menyebabkan sembelit atau diare. Menurut ahli diet, banyak dari ini berkaitan dengan tidak hanya seberapa banyak Anda makan tetapi juga jenis tertentu.Ini karena serat (khususnya serat tidak larut) melunakkan tinja dan memiliki sedikit efek pencahar.

Pertimbangkan untuk meningkatkan asupan serat secara bertahap sehingga Anda sistem pencernaan punya waktu untuk menyesuaikan. Dan, terakhir, cobalah untuk mendapatkan keseimbangan yang baik dari serat larut dan tidak larut.

3. Mengalami gas yang tidak nyaman atau kembung

Terlalu banyak serat juga dapat dengan cepat menggagalkan hari Anda dengan ketidaknyamanan perut yang ekstrem juga yaitu kembung atau gas. Terutama ketika Anda makan terlalu banyak serat terlalu cepat.

Itu normal bagi bakteri usus kita untuk membuat beberapa produk sampingan gas saat mencerna makanan dan serat yang kita konsumsi, tetapi ketika gas dan kembung menjadi tidak nyaman, saat itulah Anda mungkin perlu mengevaluasi kembali konsumsi serat Anda.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro