Ilustrasi seorang anak dirawat akibat hepatitis akut misterius/WHO
Health

Catat! Ini Cara Mencegah Hepatitis Akut Misterius pada Anak

Lukman Nur Hakim
Kamis, 5 Mei 2022 - 18:00
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA – Dokter Spesilis anak Hanifah Oswari membeberkan cara untuk mencegah penularan virus hepatitis akut misterius pada anak. 

Hal itu diungkapkan dalam sesi konfrensi pers bersama dengan Kementerian Kesehatan (Kemenkes) pada, Kamis (05/5/22). 

Hanifah mengatakan cara pencegahan dari virus hepatitis akut misterius yakni dengan tidak membiarkan virus tersebut masuk kedalam saluran pernapasan dari anak-anak.

“Pertama, untuk menjaga dari saluran nafas, kita bisa melakuan tindakan mencuci tangan dengan sabun, terutama saat ingin makan,” ujar Hanifah dalam sesi konfrensi pers di Youtube Kemenkes RI, Kamis (05/5/22).

Selain mencuci tangan dengan sabun, dia meminta orang tua memastikan makanan dan minuman yang anak makan merupakan makanan dan minuman yang matang.

Hanifah juga mengingatkan agar anak-anak tidak menggunakan alat makan bergantian dengan orang lain.

Sementara itu, dia mengatakan pencegahan dari infeksi pada saluran pernapasan dengan cara lebih memperhatikan protokol kesehatan.

"Anak wajib memakai masker, mencuci tangan dan lainnya," ucapnya. 

Bukan hanya tentang pecegahannya saja, Hanifah pun mengimbau agar segera membawa anak ke fasilitas kesehatan atau Rumah Sakit (RS), apabila anak mengalami sakit pencernaan atau gejala lainnya.

"Jangan menunggu sampai gejala kuning lebih berat. Karena kalau gejalanya lebih berat, hilang momentum menolong lebih cepat," imbuhnya. 

Diketahui, tiga orang anak terpapar virus hepatitis misterius pada beberapa hari lalu, sampai akhirnya menghembuskan nafas terakhirnya pada hari Selasa (03/5/22).

Ketiga anak tersebut memiliki beberapa gejala seperti mual, muntah, diare berat, demam, kuning, kejang dan penurunan kesadaran.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro