Ilustrasi seorang anak dirawat di rumah sakit akibat hepatitis akut misterius/Hudson Valley Post
Health

Badan Kesehatan Inggris Teliti Kaitan Hepatitis Misterius dengan Anjing, Apa Hubungannya?

Desyinta Nuraini
Senin, 9 Mei 2022 - 17:12
Bagikan

Bisnis.com, SOLO - Penyelidikan kasus hepatitis misterius yang menyerang anak-anak terus berlanjut. Kini, Badan Keamanan Kesehatan Inggris (UKHSA) pun mengaitkan penyakit tersebut dengan hewan peliharaan, khususnya anjing.

UKHSA mencatat 70 persen dari 93 responden anak-anak yang terjangkit hepatitis akut misterius berasal dari keluarga yang memelihara anjing sebelum jatuh sakit.

"Pentingnya temuan ini sedang dieksplorasi," tulis laporan pejabat UKHSA, dikutip dari The Telegraph pada Senin (9/5/2022).

Sejauh ini, para pakar kesehatan menyebut bahwa adenovirus diduga menjadi penyebab hepatitis akut misterius setelah mengumpulkan beberapa sampel dari pasien.

Namun, sejatinya adenovirus jarang menyebabkan hepatitis pada anak-anak yang sebelumnya sehat, sehingga para peneliti mencari faktor penyebab potensial lainnya.

Di sisi lain, ada yang menyebut bahwa hepatitis ini bisa disebabkan dari infeksi Covid-19 atau perubahan genom adenovirus itu sendiri.

Sementara itu, Direktur klinis dan infeksi UKHSA Dr Meera Chand mengimbau orang tua untuk mewaspadai gejala hepatitis berupa penyakit kuning dan muntah.

Spesialis Anak Konsultan Gastro Hepatologi RSCM FK Universitas Indonesia, dr. Hanifah Oswari menyapaikan, gejala awal penyakit hepatitis akut ini adalah mual, muntah, sakit perut, diare, kadang disertai demam ringan.

Selanjutnya, gejala akan makin berat seperti air kencing berwarna pekat seperti teh dan BAB berwarna putih pucat.

-----

Berita ini telah tayang di Hypeabis.id dengan judul "Badan Kesehatan Inggris Meneliti Kaitan Infeksi Hepatitis Misterius dengan Anjing"

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Desyinta Nuraini
Sumber : JIBI/Hypeabis.id
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro