Ilustrasi seorang anak dirawat di rumah sakit akibat hepatitis akut misterius/Hudson Valley Post
Health

Fakta-fakta Mengenai Hepatitis Akut yang Perlu Anda Ketahui

Robby Fathan
Senin, 9 Mei 2022 - 18:11
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA -  Badan Kesehatan Dunia (WHO) telah mengumumkan sebuah Kejadian Luar Biasa (KLB) yang menyerang anak-anak usia satu bulan hingga 16 tahun yaitu penyakit hepatitis akut misterius.

Kejadian penyakit hepatitis akut misterius ini menimpa anak-anak yang sebelumnya sehat, secara tiba-tiba dan bergejala parah.

Hepatitis akut misterius yang menulari ratusan anak di dunia masih belum diketahui penyebabnya. Hal itu membuat penyakit ini masih dinilai misterius.

WHO telah menjelaskan definisi kasus probable hepatitis akut. Anak yang terindikasi terkena penyakit hati tersebut bukan disebabkan virus Hepatitis A-E. Adapun pemeriksaan laboratorium harus menunjukkan peningkatan enzim hati (SGOT/SGPT) lebih besar dari 500 u/L.  Gejala penyakit ini adalah mual serta muntah, diare, hingga ikterus (kuning di kulit dan mata). Sebanyak 58% pasien juga memiliki gejala berupa tinja berwarna pucat dan 29% mengalami demam. 

Di Indonesia sendiri, kasus hepatitis misterius atau hepatitis akut menyebabkan tiga anak di Jakarta meninggal dunia. Kementerian Kesehatan (Kemenkes) pun tengah menyelidiki hal tersebut.

Pengertian Hepatitis

Hepatitis adalah peradangan hati dan dapat disebabkan oleh infeksi, gangguan autoimun, atau pengobatan.

“Kondisi yang muncul di benak kebanyakan orang adalah hepatitis A, B, atau C,” kata Michael Klatte, MD, kepala Divisi Penyakit Menular di Rumah Sakit Anak Dayton di Ohio. “Itu adalah infeksi virus spesifik yang dapat menyebabkan hepatitis.”

Kasus hepatitis dapat memiliki berbagai gejala, termasuk mual, muntah, sakit perut, urin berwarna gelap, perubahan warna kuning pada kulit dan/atau mata (jaundice), demam, dan kelelahan.

“Sebagian besar anak dalam kasus yang dilaporkan menunjukkan gejala gastrointestinal seperti muntah, diare, dan sakit perut,” kata Norberto Rodriguez-Baez, MD, profesor pediatri di University of Texas Southwestern Medical Center dan direktur medis hepatologi. program di Pusat Medis Anak di Plano, TX.

“Gejala-gejala ini diikuti dengan perkembangan penyakit kuning,” katanya. “Menariknya, demam tidak digambarkan sebagai gejala umum dalam kasus ini. Selain itu, semua anak sebelumnya sehat.”

Gejala dari pasien terlapor berupa urine berwarna gelap, feses berwarna pucat, kulit menguning, dan gatal. Ada pula yang mengalami gejala nyeri sendi atau pegal disertai demam tinggi, mual, muntah, atau nyeri perut. Pasien pun kehilangan nafsu makan, lesu, diare disertai kejang.

Ketika anak-anak (atau orang dewasa) datang ke dokter dengan cedera hati, ahli hepatologi pergi bekerja untuk menemukan asalnya.

Spesialis hati akan menguji infeksi, serta penyakit genetik dan autoimun, kata Ryan Fischer, MD, kepala Bagian Hepatologi & Transplantasi di Children's Mercy di Kansas City, MO. “Kami juga bertanya tentang dan mengirim pekerjaan laboratorium untuk mengungkap potensi racun atau obat-obatan yang berhubungan dengan cedera hati. Dalam beberapa kasus hepatitis berat, kami tidak pernah menemukan penyebabnya.”

Sebuah Teori

Dengan kumpulan kasus hepatitis pada anak-anak saat ini, para peneliti sedang mengerjakan teori bahwa penyebabnya adalah adenovirus, yang biasanya bersirkulasi setiap musim semi hingga musim gugur.

Tak satu pun dari penyebab virus yang biasa – hepatitis A, B, C, dan E – telah ditemukan menginfeksi anak-anak dalam wabah saat ini. Sebaliknya, dokter telah menemukan satu jenis adenovirus, tipe 41, di sekitar setengah dari kasus di seluruh dunia.

Dari data WHO, sebanyak 74 kasus dilaporkan memiliki adenovirus.  Sedangkan dalam 53 pengujian di Inggris, ditemukan 40 adenovirus tipe 41F. Selain itu sebanyak 9 dari 9 kasus di Alabama, Amerika Serikat juga positif ditemukan adenovirus.

Tidak hanya itu, 10 dari 60 kasus hepatitis akut di Inggris juga mengalami Covid-19. Sedangkan hepatitis A hingga E tak ditemukan pada semua kasus.

Jenis virus ini yang kerap ditemukan dan mengakibatkan diare, muntah, demam, hingga penyakit saluran pernapasan. Meski demikian Adenovirus biasanya tak mengakibatkan hepatitis pada anak yang sehat, Jenis Adenovirus ini juga berbeda dengan yang digunakan pada vaksin Covid-19 AstraZeneca. Adapun strain virus ini kebanyakan terjadi pada anak usia di bawah 5 tahun dan belum mendapatkan vaksin corona.

Adenovirus menyebar melalui tetesan pernapasan, kontak pribadi yang dekat, dan melalui benda-benda yang disentuh orang, seperti peralatan atau furnitur. Lebih dari 50 jenis adenovirus dapat menginfeksi manusia. Yang paling umum biasanya menyebabkan penyakit pernapasan, tetapi beberapa juga menyebabkan gejala di usus, yang telah menjadi tema dalam kasus yang mengarah ke hepatitis parah.

“Hubungan sebenarnya antara infeksi adenovirus dan kasus hepatitis akut parah pada anak-anak ini saat ini sedang diselidiki,” kata Rodriguez-Baez dari UT Southwestern Medical Center.

Ada laporan kasus sebelumnya tentang adenovirus tipe 41 yang menyebabkan hepatitis pada anak-anak dengan gangguan kekebalan, tetapi dokter belum melihatnya menyebabkan hepatitis pada anak-anak yang sehat.

Saat penelitian berlanjut, para ilmuwan melihat masalah kesehatan lain sebagai kemungkinan penyebabnya, termasuk infeksi COVID sebelumnya.

Di AS, tidak ada anak yang terkena COVID-19 yang mereka ketahui, kata Rodriguez-Baez. Beberapa pasien di Inggris memiliki COVID, “tetapi hubungan yang sebenarnya antara virus dan hepatitis akut belum ditetapkan.”

Kasus-kasus tersebut tampaknya tidak terkait dengan vaksinasi COVID-19, katanya, karena anak-anak belum mendapatkan vaksin tersebut.

Yang Harus Diketahui Orang Tua

Setiap kali penyakit menyebar yang dapat menyebabkan konsekuensi parah pada anak-anak, orang tua harus waspada.

Meskipun pengujian untuk beberapa virus tersedia, tidak layak untuk melakukan pengujian secara luas setiap kali seorang anak sakit. Bahkan sekarang, kebanyakan dokter hanya menguji adenovirus jika seorang anak cukup sakit untuk dirawat di rumah sakit.

“Hepatitis parah yang menyebabkan gagal hati sangat jarang terjadi,” kata Klatte dari Rumah Sakit Anak Dayton. "Diagnosis adenovirus seharusnya tidak membuat Anda secara refleks khawatir itu akan menyebabkan komplikasi langka ini."

Pengobatan untuk hepatitis terkait adenovirus sebagian besar tetap mendukung, kata Fischer dari Children's Mercy.

“Dengan waktu dan perhatian untuk memenuhi kebutuhan anak (misalnya, cairan infus jika mereka mengalami dehidrasi), pemulihan sering terjadi,” katanya. “Hati mampu sembuh total, dan kami tidak mengharapkan efek jangka panjang setelah pemulihan.”

Dalam kasus hepatitis berat, beberapa obat dapat membantu, tergantung pada penyebabnya.

Jika pengobatan tidak membantu, "ada situasi di mana transplantasi hati diperlukan untuk menghindari kematian," kata Fischer. “Dari 500-600 transplantasi hati yang dilakukan pada anak-anak setiap tahun di Amerika Serikat, sekitar 10% dilakukan karena hepatitis parah yang menyebabkan gagal hati akut. Kita perlu melihat bagaimana kasus-kasus saat ini memengaruhi angka-angka tipikal itu. Kami belum melihat cukup data untuk mengetahui apakah angka-angka itu akan berubah.”

“Orang tua harus menyadari gejala dan menghubungi penyedia perawatan primer mereka dengan pertanyaan atau masalah,” kata Rodriguez-Baez.

Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI) mengimbau agar masyarakat melakukan upaya pencegahan penularan penyakit termasuk:

·         Mencuci tangan Meminum air bersih yang matang

·         Makan makanan yang bersih dan matang penuh

·         Membuang tinja dan atau popok sekali pakai pada tempatnya

·         Menggunakan alat makan sendiri-sendiri

·         Memakai masker dan menjaga jarak

·         Mendeteksi secara dini jika menemukan anak-anak dengan gejala-gejala hepatitis dengan memeriksakan mereka ke fasilitas layanan kesehatan terdekat

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Robby Fathan
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro