Ilustrasi/Premierptny
Health

Olahraga Tidak Bikin Sembuh dari Sakit, Tapi...

Robby Fathan
Senin, 9 Mei 2022 - 19:37
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA – Berolahraga secara teratur baik untuk sistem kekebalan Anda dengan beberapa penelitian menunjukkan bahwa itu bahkan dapat menurunkan risiko terkena infeksi saluran pernapasan atas , seperti flu biasa. Bahkan olahraga ringan selama 30 menit lima kali seminggu sudah cukup untuk membawa manfaat.

Karena berolahraga baik untuk sistem kekebalan tubuh kita, beberapa orang mungkin berpikir bahwa berolahraga saat Anda sakit dapat membantu Anda "mengeluarkan keringat". Sayangnya, untuk flu biasa, tidak ada bukti bahwa berolahraga saat sakit dapat mempersingkat penyakit atau membuatnya tidak terlalu parah.

Ada beberapa alasan mengapa olahraga bermanfaat bagi sistem kekebalan tubuh kita. Yang pertama mungkin sebagian dijelaskan oleh hormon yang dilepaskan saat kita berolahraga. Ini disebut katekolamin  yang mungkin lebih dikenal orang sebagai adrenalin dan noradrenalin.

Hormon-hormon ini memainkan peran penting dalam fungsi sistem kekebalan kita dengan memunculkan pelepasan cepat sel-sel kekebalan penting yang membantu mendeteksi keberadaan virus atau patogen lain dalam tubuh.

Mereka juga meningkatkan jumlah pergerakan sel-sel kekebalan kita antara darah dan jaringan yang penting dalam membantu sel-sel kekebalan mendeteksi dan mencegah penyakit yang disebabkan oleh virus atau patogen lainnya. Penelitian menunjukkan bahwa olahraga adalah salah satu cara kita dapat meningkatkan kadar hormon penting ini dalam tubuh kita.

Saat kita berolahraga, itu juga meningkatkan aliran darah untuk membantu tubuh kita mengikuti tuntutan olahraga yang meningkat. Aliran darah yang meningkat ini menempatkan tekanan yang lebih besar pada pembuluh darah kita, yang melepaskan sel-sel kekebalan spesifik yang disebut sel pembunuh alami dan sel T yang dapat ditemukan tidak aktif di dinding pembuluh darah kita. Sel pembunuh alami dan sel T sama-sama berperan penting dalam membunuh sel yang terinfeksi virus.

Olahraga juga dapat bermanfaat bagi perjuangan kita melawan infeksi dengan cara lain. Misalnya, orang dewasa yang lebih tua yang secara teratur berolahraga selama satu bulan telah terbukti memiliki penyembuhan luka kulit yang lebih cepat dibandingkan dengan kelompok kontrol yang tidak berolahraga. Proses penyembuhan yang lebih cepat ini menurunkan risiko virus dan bakteri masuk ke dalam tubuh melalui luka kulit.

Semua mekanisme ini bersama-sama dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh kita dan menurunkan risiko sakit akibat infeksi virus. Anda bahkan tidak perlu menjadi pengunjung gym biasa untuk melihat manfaatnya. Tiga penelitian menunjukkan bahwa ketika orang yang tidak berolahraga mulai jalan cepat secara teratur selama 40-45 menit, lima hari per minggu, mereka mengalami gejala infeksi saluran pernapasan atas 40-50 persen lebih sedikit bila dibandingkan dengan kelompok kontrol.

Jadi, karena olahraga baik untuk sistem kekebalan, mengapa berolahraga saat sakit tidak meningkatkan respons sistem kekebalan terhadap infeksi? Nah, penting untuk diingat bahwa olahraga bisa membuat tubuh stres. Stres ini pada gilirannya dapat membuat sel-sel kekebalan kurang mampu merespons patogen. Ini mungkin sebagian karena fakta bahwa tubuh membutuhkan lebih banyak oksigen dan energi yang tersimpan (dalam bentuk glukosa) saat kita berolahraga – yang juga dibutuhkan sel kekebalan kita untuk membantu melawan virus. Jika tubuh melawan infeksi yang ada dan kemudian terkena stres olahraga, ini mungkin tidak bermanfaat bagi respons imun.

Tetapi sementara saat ini tidak ada bukti bahwa berolahraga saat sakit pilek dapat membantu Anda mengatasinya lebih cepat, itu tidak berarti Anda tidak dapat berolahraga jika Anda mau. Jika gejala Anda terutama di atas leher (seperti pilek atau hidung tersumbat), mulailah dengan berolahraga dengan intensitas yang lebih rendah dari biasanya untuk melihat bagaimana perasaan Anda. Jika Anda merasa baik-baik saja, Anda dapat meningkatkan intensitas secara bertahap. Tetapi jika berolahraga membuat Anda merasa lebih buruk, istirahatlah. Anda juga tidak disarankan untuk berolahraga jika mengalami demam, nyeri otot, atau muntah.

Olahraga teratur adalah cara yang bagus untuk membantu memperkuat sistem kekebalan tubuh untuk melawan berbagai jenis infeksi, termasuk flu biasa dan bahkan mungkin Covid-19. Tapi jangan merasa harus berolahraga jika sedang sakit. Terkadang obat terbaik untuk pilek adalah istirahat, tetap terhidrasi, dan minum obat pereda nyeri jika diperlukan.

 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Robby Fathan
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro