Ilustrasi perempuan meminum air putih untuk jaga imunitas tubuh/Freepik
Health

Simak 5 Tips Untuk Meningkatkan Imun Tubuh

Anshary Madya Sukma
Selasa, 10 Mei 2022 - 19:35
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA – Sistem kekebalan tubuh pada dasarnya akan selalu menjadi penting untuk kondisi kesehatan tubuh. Pasalnya, jika imun dibiarkan lemah maka tubuh akan terserang berbagai macam penyakit.

Seseorang yang memiliki kekebalan tubuh yang lemah jika dibiarkan akan mengalami infeksi penyakit sepanjang hidupnya. Infeksi tersebut seperti pneumonia, meningitis, bronkitis hingga infeksi kulit.

Namun, hal-hal mengerikan tersebut dapat diatasi dengan pola hidup yang sehat. Seperti dilansir dari Thewestnews.com pada Selasa (10/5/2022), membagikan tips sederhana untuk pola hidup yang sehat sebagai berikut:

1. Mengonsumsi Sayuran

Mengonsumsi setidaknya satu porsi sayuran hijau tua per hari dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh Anda, sehingga memudahkan Anda untuk menangkal pilek dan penyakit lainnya. Hidangan sayuran ini dapat diolah sesuai selera, salah satunya dijadikan salad, selain dalam pembuatannya sangat mudah salad juga terbilang memiliki harga yang murah. 

2. Luangkan Waktu Untuk Yoga

Dengan beryoga maka Anda akan dapat berbagai macam manfaat salah satunya menurunkan stress, dengan hilangnya stress maka tubuh tidak akan mudah terserang penyakit karena memiliki pikiran yang stress dapat menurunkan kekebalan tubuh.

Selain itu, yoga ini dapat meningkatkan fleksibilitas dan mobilitas, yang selanjutnya yoga akan meningkatkan sirkulasi dan memperkuat otot. Berlatih beberapa pose yoga dasar secara teratur bisa meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Maka dari itu, mulailah dengan meluangkan waktu untuk yoga dalam sepekan secara rutin.

3. Tidurlah 8 Jam Setiap Malam

Istirahat yang cukup dapat meningkatkan gaya hidup yang sehat. Jika Anda tidak memberikan cukup waktu untuk istirahat maka tubuh Anda rentan terhadap penyakit. Maka dari itu dianjurkan untuk berusaha tidur 8 jam setiap malam. 

4. Banyak minum air putih

Air minum putih sangat penting untuk kesehatan yang baik. Tetap terhidrasi juga membantu menjaga sistem kekebalan yang kuat. Penting bagi Anda untuk minum cukup air putih setidaknya delapan gelas 8 per hari. Selain untuk menjaga sistem imun, meminum air putih juga dapat membantu membuang racun dari tubuh Anda. 

Tips untuk minum ialah setelah Anda bangun di pagi hari dan bawalah sebotol sepanjang hari. Jika bosan, Anda dapat menambahkan beberapa irisan lemon atau jeruk nipis untuk memberi sedikit rasa pada air putih.

5. Berolahraga Secara Teratur

Setelah melakukan 4 tips diatas tentunya hal itu harus disempurnakan dengan olahraga yang cukup. Minimal Anda melakukan olahraga dengan intensitas selama tiga puluh menit per hari  agar bermanfaat.

Selain terhindar dari penyakit, olahraga juga dapat membuat tubuh terasa ringan, tidak gampang sakit dan menjaga kualitas jantung Anda.

 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro