Ilustrasi seorang anak dirawat akibat hepatitis akut misterius/WHO
Health

Hepatitis Misterius pada Anak Bisa Menular di Kolam Renang? Ini Penjelasannya

Nugroho Meidinata
Sabtu, 14 Mei 2022 - 18:44
Bagikan

Bisnis.com, SOLO — Penyakit hepatitis akut misterius telah masuk ke Indonesia usai tiga anak dilaporkan meninggal dunia akibat terinfeksi penyakit ini.

Bersamaan dengan itu, Kementerian Kesehatan sampai saat ini masih melakukan investigasi melalui pemeriksaan panel virus lengkap dan penyelidikan epidemiologi untuk mengetahui lebih lanjut penyebab dari penyakit ini.

Lalu, apakah penyakit hepatitis aku misterius pada anak ini bisa menular di kolam renang?

Menjawab hal tersebut, akun Instagram yang kerap membahas tentang kesehatan, @pandemictalks, menyebut bahwa hepatitis akut dan misterius menular melalui saluran pencernaan dan pernapasan.

Untuk saluran pencernaan bisa tertular lewat makanan atau meminum sesuatu yang telah terkontaminasi oleh kotoran atau tinja orang yang telah terinfeksi virus, sedangkan pernapasan menular lewat kontak dengan percikan air liur orang yang terinfeski atau melalui percikan droplet yang ada di udara.

Dari paparan tersebut, akun Instagram @pandemictalks pun menyatakan, kemungkinannya tak terjadi. Hal ini dikarenakan air kolam renang mengandung klorin yang bisa menghancurkan kuman, sehingga tidak menularkan penyakit.

“Kemungkinannya, penularan tidak terjadi saat berenang, namun rentan terjadi pada kegiatan lainnya saat berada di luar rumah,” tulis akun @pandemictalks.

Adapun penularan hepatitis di tempat umum bisa terjadi ketika:

1. Jajan sembarangan, makan makanan dan minuman yang terkontaminasi dan tidak dimasak dengan matang;
2. Menyentuh mainan, bola, kursi, hand railing, knop pintu, dan lainnya, yang sering dipegang orang.

Diberitakan sebelumnya, dokter spesialis anak sekaligus influencer, dr I Gusti Ayu Nyoman Partiwi, menyebut gejala yang paling khas pada penyakit hepatitis akut dan misterius ini adalah kuning pada mata atau warna air kencing seperti teh.

“Yang khas kuning pada mata atau warna pipisnya seperti warna teh,” ucapnya.

Sementara itu, Prof. Dr. dr. Hanifah Oswari, Sp. A, menambahkan bahwa secara umum gejala awal penyakit hepatitis akut dan misterius adalah mual, muntah, sakit perut, diare, dan kadang disertai demam ringan.

Selanjutnya, gejala akan semakin berat seperti air kencing berwarna pekat seperti teh dan BAB berwarna gelap.

-----

Berita ini telah tayang di Solopos.com dengan judul "Apakah Hepatitis Akut Misterius pada Anak Bisa Menular di Kolam Renang?"

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Sumber : JIBI/Solopos.com
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro