Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Bantu Tetap Sehat, 14 Makanan Terbaik Ini Cocok Dikonsumsi seiring Usia Anda

Coba 14 makanan terbaik di bawah ini untuk menjaga tubuh tetap sehat di seiring usia Anda.
Intan Riskina Ichsan
Intan Riskina Ichsan - Bisnis.com 24 Mei 2022  |  15:25 WIB
Makanan sehat - Antara
Makanan sehat - Antara

Bisnis.com, JAKARTA — Seiring bertambahnya usia, makan dengan baik dapat membantu meningkatkan energi Anda dan daya tahan tubuh terhadap penyakit.

Makan sehat penting pada usia berapa pun, tetapi menjadi lebih penting lagi saat kita mencapai usia paruh baya dan seterusnya.

Makan dengan baik bisa menjadi kunci untuk pandangan positif dan tetap seimbang secara emosional.

Berikut 14 makanan terbaik yang bisa menjaga tubuh Anda tetap sehat, dilansir dari Web MD:

1. Serat

Makanan yang tinggi serat seperti buah-buahan, sayuran, oatmeal, dan kacang-kacangan dapat membantu mengatasi sembelit yang menjadi lebih umum seiring bertambahnya usia.

Serat juga dapat membantu menurunkan kadar kolesterol, mengelola gula darah, dan menjaga berat badan Anda tetap sehat.

2. Gandum Utuh

Mereka adalah sumber serat yang bagus dan kaya akan vitamin B, yang akan Anda butuhkan lebih banyak seiring bertambahnya usia. B-6 dan folat adalah kunci untuk menjaga otak Anda tetap sehat.

Bahkan kekurangan kecil dapat membuat perbedaan yang halus. Biji-bijian utuh juga bisa mengurangi peluang Anda terkena penyakit jantung, kanker, dan diabetes.

3. Kacang

Kacang pohon seperti almond, walnut, kacang mete, pecan, dan pistachio memiliki kekuatan anti-penuaan yang besar.

Camilan renyah ini mengandung nutrisi khusus yang dapat membantu menunda atau mencegah penyakit jantung terkait usia, stroke, diabetes tipe 2, penyakit saraf, dan beberapa jenis kanker. Kacang juga melindungi otak Anda seiring bertambahnya usia.

4. Air

Seiring bertambahnya usia, tubuh Anda tidak hanya kehilangan air, tetapi rasa haus Anda mulai memudar. Itu berarti Anda perlu waktu lebih lama untuk mengetahui kapan Anda kekurangan cairan.

Air adalah bantalan sendi Anda, membantu mengontrol suhu tubuh Anda, dan mempengaruhi suasana hati Anda serta mempengaruhi seberapa baik Anda fokus. Jadikan delapan gelas air setiap hari sebagai tujuan Anda.

5. Ikan

Ikan berlemak seperti salmon, tuna albacore, herring, dan trout yang dibudidayakan harus ada dalam menu Anda dua kali seminggu. Mereka tinggi DHA, asam lemak omega-3 yang baik untuk otak Anda.

Tingkat DHA yang rendah telah dikaitkan dengan penyakit Alzheimer, tetapi jika cukup, Anda dapat meningkatkan daya ingat dan kemampuan Anda untuk mempelajari hal-hal baru

6. Protein tanpa lemak

Makanan kaya protein melawan kehilangan otot alami yang terjadi seiring bertambahnya usia. Sebisa mungkin, nikmati protein Anda dalam makanan "asli" seperti telur, daging tanpa lemak, dan produk susu alih-alih bubuk protein yang tidak memberi Anda banyak nutrisi.

1 dari 1 halaman

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

kesehatan makanan tips sehat makanan sehat
Editor : Restu Wahyuning Asih

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

To top