Ginjal/thekidneysolution.com
Health

3 Anak Terima Transplantasi Ginjal Tanpa Obat Penekan Kekebalan

Mia Chitra Dinisari
Sabtu, 18 Juni 2022 - 13:22
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA -Tiga anak dengan penyakit genetik langka membutuhkan transplantasi ginjal, dan dengan menggunakan teknik transplantasi yang unik, dokter berhasil menggantikan ginjal anak-anak tanpa memerlukan obat penekan kekebalan.

Biasanya, setelah menerima transplantasi, penerima organ harus mengonsumsi obat imunosupresif selama sisa hidup mereka, untuk mencegah sistem kekebalan menolak organ tersebut. Ini menempatkan penerima organ pada peningkatan risiko infeksi dan kanker, dan bahkan kemudian, imunosupresan tidak menghilangkan risiko bahwa tubuh pada akhirnya akan menolak organ tersebut.

Untuk mengurangi atau menghilangkan kebutuhan imunosupresi, dokter telah mencoba transplantasi sel induk dari sumsum tulang donor organ ke penerima, bersama dengan organ baru mereka, menurut sebuah pernyataan.

Sel punca yang berasal dari sumsum tulang ini matang menjadi berbagai jenis sel darah, termasuk jenis sel kekebalan yang disebut limfosit yang menandai bahan asing apa pun di dalam tubuh. Secara teori, karena sel punca ini berasal dari donor, tubuh penerima transplantasi akan mengenali organ yang baru ditransplantasikan sebagai organ yang familiar dan dengan demikian menurunkan risiko penolakan. Sayangnya, transplantasi sel induk seperti itu membawa risiko besar: suatu kondisi yang disebut penyakit graft-versus-host, di mana sel-sel kekebalan baru secara tidak sengaja menyerang tubuh penerima transplantasi dari dalam.

Keuntungan Visioner

Sekarang, dokter Stanford telah mengembangkan pendekatan baru untuk transplantasi ginjal dan sel punca ke pasien, dan sejauh ini, tidak satu pun dari tiga pasien yang menjalani prosedur tersebut mengalami penyakit cangkok versus inang yang parah dan juga tidak memerlukan imunosupresi jangka panjang. tim melaporkan Rabu (15 Juni) di New England Journal of Medicine.

"Ini terobosan," Dr. Amit Tevar, direktur bedah Program Transplantasi Ginjal dan Pankreas di Pusat Medis Universitas Pittsburgh, yang tidak terlibat dalam penelitian, dilansir NBC News.

Penerima transplantasi termasuk Kruz Davenport yang berusia 8 tahun dan saudara perempuannya Paizlee yang berusia 7 tahun serta anak lain dengan penyakit kekebalan langka yang disebut Schimke immuno-osseous dysplasia (SIOD). Kondisi ini ditandai dengan penyakit ginjal kronis yang memerlukan transplantasi ginjal, dan menyebabkan kegagalan sumsum tulang, yang memerlukan transplantasi sel induk. Dalam tiga anak dalam studi baru, orang tua menjadi sel induk dan donor ginjal untuk anak mereka. Pertama, para dokter menyelesaikan transplantasi sel induk. Kemudian, lima sampai 10 bulan kemudian, setelah anak itu pulih dari transplantasi itu, dokter mentransplantasikan ginjal orang tua yang sama ke anak itu.

Ketiga pasien tersebut sekarang telah hidup dengan ginjal baru mereka yang berfungsi penuh selama 22 hingga 34 bulan. "Mereka melakukan segalanya: mereka pergi ke sekolah, mereka pergi berlibur, mereka berolahraga," kata Dr. Alice Bertaina, seorang profesor pediatri di Stanford dan penulis utama studi tersebut, dalam pernyataannya. "Mereka menjalani kehidupan yang benar-benar normal."

Selain tidak membutuhkan obat imunosupresif, ketiga anak tersebut hidup tanpa SIOD.

"Mereka berjalan seperti keajaiban," kata ibu Kruz dan Paizlee, Jessica Davenport. "Sangat keren bahwa mereka membuka jalan bagi keluarga lain untuk mengalami hal yang sama seperti yang kami alami."

Teknik, yang oleh para peneliti dinamai DISOT untuk transplantasi organ kekebalan ganda/padat, menerima persetujuan FDA pada 27 Mei untuk merawat pasien dengan kondisi tertentu yang berdampak pada ginjal. Tim berharap bahwa di masa depan protokol tersebut akan mendapat persetujuan sebagai pilihan pengobatan bagi banyak orang lain yang membutuhkan transplantasi ginjal. Mereka juga berencana untuk menyelidiki penggunaan adaptasi DISOT untuk transplantasi organ padat lainnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro