Bahan makanan yang kaya kandungan vitamin D/Istimewa
Health

Tipe Orang yang Berisiko Tinggi Kekurangan Vitamin D

Mia Chitra Dinisari
Jumat, 1 Juli 2022 - 15:38
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Vitamin D merupakan nutrisi penting bagi tubuh manusia.

Vitamin yang larut dalam lemak ini adalah salah satu vitamin yang paling unik yang digunakan oleh tubuh karena kulit sebenarnya memproduksinya melalui sinar matahari.

Ini adalah satu-satunya vitamin yang membantu tubuh menyerap kalsium dan fosfor yang penting untuk kesehatan tulang. Selain itu, vitamin D mengontrol pertumbuhan kanker, mengontrol infeksi dan mengurangi peradangan.

Kadar vitamin D direkomendasikan untuk orang dewasa adalah 15 mcg setiap hari untuk pria dan wanita. Sedangkan untuk mereka yang berusia di atas 70 tahun adalah 20 mcg setiap hari.

Vitamin D bisa menunjang kesehatan tulang dan kekuatan otot, kanker, penyakit jantung, diabetes tipe 2, meningkatkan fungsi kekebalan tubuh dan menurunkan risiko kematian dini.

Beberapa studi observasional telah mengkonfirmasi hubungan langsung vitamin D dalam mengendalikan penyakit parah seperti diabetes, penyakit jantung dan kanker dan perannya dalam meningkatkan kesehatan tulang, dan kekebalan.

Berbagai penelitian telah menunjukkan bahwa vitamin D efektif dalam mengendalikan jenis kanker tertentu seperti kanker usus besar, prostat, dan payudara.

Vitamin D terbentuk ketika reaksi kimia terbentuk pada kulit manusia. Ketika kulit terkena sinar matahari, steroid yang disebut 7-dehydrocholesterol dipecah. Ini mengarah pada pembentukan vitamin D.

Ada beberapa orang yang bisa kekurangan vitamin D karena berbagai faktor, baik eksternal maupun internal berikut ini:

  1. Yang jarang terkena sinar matahari
  2. Mereka yang terlalu sering menggunakan tabir surya membatasi kemampuan kulit untuk mensintesis Vitamin D
  3. Mereka yang tidak menghabiskan lebih banyak waktu di luar ruangan
  4. Mereka yang memiliki warna kulit lebih gelap
  5. Mereka yang sudah tua; orang-orang ini biasanya tinggal di dalam rumah dan memiliki tingkat 7-dehydrocholesterol yang berkurang
  6. Mereka yang obesitas
  7. Mereka yang menderita osteoporosis
  8. Mereka yang memiliki kondisi ginjal atau hati kronis
  9. ​Tanda-tanda kekurangan vitamin D

Kekurangan vitamin D menyebabkan nyeri pada otot, kelelahan dan depresi. Kasus defisiensi vitamin D yang parah dapat menunjukkan tanda-tanda nyeri tulang.

Kekurangan vitamin D juga dikatakan sebagai faktor risiko demensia. Studi telah menghubungkan kekurangan vitamin D dengan disfungsi ereksi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro