Makna Mimpi Bertemu Ular Menurut Ulama/proboards
Relationship

Makna Mimpi Bertemu Ular Menurut Ulama

Widya Islamiati
Selasa, 9 Agustus 2022 - 20:00
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA – Saat manusia terlelap, umum sekali jika mengalami mimpi yang disebut-sebut sebagai bunga tidur. Namun,

Sebagian orang mempercayai bahwa mimpi mengandung pesan yang bisa dipertimbangkan maknanya, dan berkaitan dengan masa depan. Seperti mimpi melahirkan anak yang dipercayai bisa mendatangkan kebahagiaan atau justru kesengsaraan.

Lalu beberapa orang yang mewaspadai mimpi bertemu dengan ular, karena ular dianggap sebagai symbol dari kejahatan. Lantas apa kata Ulama tentang arti bermimpi bertemu ular? Berikut uraian arti mimpi bertemu ular berdasarkan NU Online.

Dalam kitab Qawaid Tafsir al-Ahlam, Abu Abbas Ahmad bin Sulthan mengkategorikan mimpi menjadi empat kategori.

1. Mimpi yang terpuji lahir dan batin

2. Mimpi yang terpuji secara lahir, namun tercela dari segi batin yang berarti memimpikan hal yang indah namun pesan yang terkandung di dalamnya justru buruk

3. Mimpi yang buruk secara lahir namun baik secara batin, mimpi ini berarti memimpikan hal yang buruk namun memiliki pesan yang baik

4. Mimpi yang tercela segi lahir dan batin, mimpi bertemu dengan ular termasuk dalam kategori ini

Karena ular, selain dianggap simbol kejahatan, Ulama yang terkenal ahli ilmu interpretasi dalam Islam, Ibnu sirin mengungkapkan bahwa ular dalam mimpi identik dengan musuh. Saat berada di Surga, tepatnya sebelum turun ke bumi, Nabi Adam pernah digoda oleh Iblis yang menyamar menjadi ular. Maka ukuran ular yang ditemui dalam mimpi juga berkaitan dengan seberapa kuat musuh dalam mimpi tersebut.

Dalam kitab karyanya, Tafsir al-Ahlam halaman 112, Ibnu Sirin menyebutkan, jika dalam mimpinya, seseorang beradegan melawan ular, maka dia akan melawan musuh seperti dalam mimpi tersebut. Jika dia dikisahkan dapat membunuh ular tersebut, maka dia akan tenang menghadapi musuh.

Namun jika dalam mimpi dia hanya melihat ular yang sudah mati, berarti musuhnya sudah ditaklukan oleh Allah dan kejahatan yang dimaksud tidak sampai padanya. Mimpi dililit oleh ular bisa jadi pertanda ada banyak teman di sekitar adalah musuh yang tidak disadari.

Dalam Kitab Jami’ Tafsir al-Ahlam, Syekh Abu Bakar Muhammad bin ‘Umar al-Ihsani menyebutkan, letak ular dalam mimpi juga menentukan arti dari kategori jenis musuh yang dihadapi. Contohnya apabila dalam mimpinya ular berada di dalam rumah, berarti musuhnya adalah orang terdekat, bisa jadi kerabat atau bahkan saudara.

Jika melihat ular dalam mimpinya terletak di kamar sendiri, mimpinya bisa diartikan musuh orang tersebut adalah pasangannya sendiri. Namun jika ular dalam mimpinya berada di luar rumah, itu berarti musuhnya bukan berasal dari keluarga atau orang terdekat, melainkan orang jauh.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro