Ilustrasi urutan skincare untuk pria/Freepik
Health

Menolak Tua! Ini 10 Cara Bikin Kulit Wajah Awet Muda

Anshary Madya Sukma
Rabu, 7 September 2022 - 15:37
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Memiliki kulit wajah yang terlihat awet muda mungkin menjadi keinginan besar bagi kebanyakan orang, sehingga dapat terus tampil percaya diri. 

Seperti yang kita tahu, penuaan tidak dapat dihentikan sepanjang menjalani hidup, ciri-ciri Anda mengalami penuaan pada kulit biasanya sudah mulai muncul kerutan, keriput dan bintik hitam.

Meskipun, tidak bisa menghentikan proses penuaan akan tetapi, kita dapat memperlambat proses tersebut sehingga membuatnya tampil awet muda, seperti dengan pola hidup sehat dan menggunakan produk perawatan kulit yang tepat. 

Simak 10 cara agar wajah Anda terlihat awet muda:

1. Jauhi Sinar Matahari 

Kerusakan akibat sinar UV matahari (sinar UVA dan UVB) bertanggung jawab atas tanda-tanda penuaan yang terlihat pada kulit Anda. Sinar UV ini dapat memecah elastin di kulit Anda, sehingga menyebabkan penampilan kendor, kusam, keriput, bintik-bintik penuaan, warna kulit tidak merata, dan lainnya. 

Oleh karena itu, Anda harus rajin menggunakan tabir surya yang berkualitas dengan SPF minimal 30 agar dapat memblokir sinar UVA dan UVB. 

2. Perbanyak Minum Air Putih

Kunci lain untuk kulit tampak lebih muda adalah hidrasi, katena jika tubuh Anda terhidrasi maka akan membuat kulit termasuk wajah tampak bercahaya dan menjadi pendukung kesehatan yang optimal. 

Selain itu, hidrasi yang baik dapat menghindari kulit terlihat kusam, kering, serta dapat mengisi kembali jaringan dan sel kulit Anda, yang memungkinkan kulit tampak lebih muda dan lebih sehat.

Dengan catatan, seminimal mungkin Anda harus menargetkan 8 gelas air setiap harinya. 

3. Tidur Secara Teratur

Kunci lain untuk mempertahankan penampilan awet muda adalah tidur secara teratur atau sebanyak 6-8 jam setiap hari, karena saat tertidur tubuh Anda akan melakukan pembaruan sel dan melepaskan stres, sehingga hal tersebut dapat menunda proses penuaan. 

4. Pilih Sarung Bantal Berbahan Satin atau Sutra

Pertimbangkan untuk mengganti sarung bantal Anda ke jenis sarung berbahan satin atau sutra, karena hal ini dapat menghindari kerusakan kolagen pada kulit wajah Anda serta menghindari kerutan akibat bahan dari sarung bantal Anda yang lama.

5. Konsumsi Buah dan Sayuran

Awet muda juga bisa didapat dari mengonsumsi buah dan sayuran yang sehat, karena kedua makanan ini dapat memberikan nutrisi penting yang membantu menekan penuaan dan menjaga tubuh Anda tetap muda, baik di dalam maupun di luar. 

Buah-buahan dan sayuran juga dapat meningkatkan asupan fitonutrien, yang membantu tubuh menangkal efek merusak dari radikal bebas yang ditemukan di sekitar Anda. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

1 dari 3 halaman
Sumber : Pureluxemedical
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro