Ilustrasi dokter melihat hasil rontgenparu-paru./
Health

Tidak Merokok Tapi Kena Penyakit Paru Obstruktif Kronik? Ini Penyebabnya

Mia Chitra Dinisari
Selasa, 20 Desember 2022 - 11:36
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Penyakit Paru Obstruktif Kronik (PPOK) biasanya menyerang para perokok.

Tapi, faktanya, penelitian terbaru menunjukkan bahwa setengah dari kasus PPOK di seluruh dunia disebabkan oleh risiko yang tidak terkait dengan tembakau.

Justru penderita penyakit ini terkena PPOK karena terpapar polusi udara, paparan asap atau gas di tempat kerja, dan penghirupan asap pasif.”

PPOK sendiri adalah sekelompok penyakit paru-paru inflamasi kronis yang menyebabkan aliran udara terhambat dari paru-paru sehingga sulit bernapas. Dua kondisi paling umum yang termasuk dalam payung PPOK adalah emfisema dan bronkitis kronis. Gejala PPOK meliputi kesulitan bernapas, keterbatasan aktivitas, batuk, produksi lendir (dahak) yang berlebihan, dan mengi.

Dr. Girish Jaywant, Consulting Chest Physician, Mumbai mengatakan, PPOK biasanya disebabkan oleh paparan jangka panjang terhadap gas berbahaya atau partikel. Namun, sebagian besar penyakit ini dikaitkan dengan mereka yang menikmati kebiasaan merokok yang tidak sehat.

Tapi kini, bukti yang berkembang menunjukkan bahwa PPOK karena merokok hanya menyumbang 35% dari kasus secara global. 

Untuk itu, Dr. Jaywant mencantumkan beberapa faktor risiko utama lainnya untuk COPD pada perokok yang tidak atau tidak pernah merokok:

1. Perokok pasif

Terpapar asap rokok pasif juga dikenal sebagai perokok pasif dapat menyebabkan PPOK pada orang dewasa.

2. Paparan bahan kimia dan asap

Paparan debu, gas, dan asap di tempat kerja sangat terkait dengan risiko pengembangan PPOK. Paparan terus menerus terhadap mereka juga dapat merusak paru-paru secara bertahap dari waktu ke waktu.

3. Paparan polusi udara jangka panjang

Saluran pernapasan memiliki paparan langsung ke lingkungan luar dan lebih rentan terhadap polutan di udara. Paparan berlebihan terhadap polutan ini dapat memperburuk gejala pasien dengan penyakit pernapasan yang sudah ada sebelumnya seperti asma, dan bahkan membuka jalan bagi kasus penyakit pernapasan yang lebih baru termasuk COPD.

4. Polusi udara dalam ruangan

Chulha dan biogas masih banyak digunakan di berbagai bagian negara dan di rumah yang berventilasi buruk, paparan asap ini terbukti merusak paru-paru. Selain itu, polusi udara dalam ruangan akibat pembakaran dupa, dan pembakaran obat nyamuk bakar juga berkontribusi terhadap PPOK. Bahkan, pembakaran satu obat nyamuk bakar di ruangan tertutup dapat menghasilkan tingkat polusi yang sebanding dengan 100 batang rokok.

5. Faktor genetik

COPD dapat diturunkan dalam keluarga jika ada kekurangan genetik seperti alpha-1-antitrypsin. 

Semua hal di atas menegaskan bahwa PPOK bukan lagi hanya penyakit perokok, tetapi juga ancaman diam-diam yang membayangi populasi umum. Dengan kemampuan untuk menyebabkan kerusakan permanen pada paru-paru, tindakan pencegahan dan intervensi tepat waktu sangat penting untuk penatalaksanaan serta pemahaman PPOK. 

Mendiagnosis COPD pada bukan perokok

Jika langkah pertama dapat mengidentifikasi faktor risiko PPOK, langkah selanjutnya adalah mengidentifikasi tingkat paparan Anda dengan mendiagnosis dampaknya (jika ada) pada paru-paru Anda. Untuk mendapatkan diagnosis yang akurat dan mengevaluasi tingkat keparahan penyakit sejak dini, mengunjungi dokter Anda untuk meminta tes spirometri adalah tindakan terbaik.

Diagnosis dini sangat penting dalam pengelolaan yang efektif dari penyakit pernapasan kronis ini. Spirometer adalah perangkat diagnostik yang mengukur jumlah udara yang dapat dihirup dan dihembuskan serta waktu yang diperlukan untuk menghembuskan napas sepenuhnya setelah seseorang menarik napas dalam-dalam. Ini adalah tes fungsi paru standar emas dan rekomendasi panduan untuk diagnosis COPD.

Tindakan pencegahan untuk menjaga kesehatan paru-paru

Selain itu, ada beberapa tindakan pencegahan yang perlu dilakukan untuk menjaga kesehatan paru-paru Anda dengan lebih baik. Tindakan pencegahan meliputi:

1. Non-perokok dapat menurunkan risikonya dengan mencoba menjauh dari perokok pasif

2. Jauhi zona panas polusi udara – area dengan konsentrasi polutan dan debu yang tinggi, asap beracun, asap knalpot berat, dan bahan kimia kuat

3. Jika tidak dapat dihindari, gunakan masker. Ini terutama berlaku bagi mereka yang terpapar asap, asap, atau debu di tempat kerja seperti pekerja konstruksi

4. Melindungi diri dengan menghindari pertemuan besar, terutama selama musim dingin dan mendapatkan vaksin flu tahunan terhadap infeksi dada

PPOK belum ada obatnya, tetapi dapat dikelola dan dicegah agar tidak bertambah parah. Langkah paling penting dalam memperlambat perkembangan PPOK Anda adalah mengidentifikasi pemicu dan menjaga jarak aman darinya, berkonsultasi dengan dokter Anda dan mengomunikasikan pemicunya dengan mereka, diagnosis dini dan kepatuhan terhadap rencana perawatan yang ditentukan oleh dokter, diikuti oleh gaya hidup sehat dan pencegahan faktor risiko.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro