Ilustrasi/Codyapp
Health

Makan atau Olahraga Dulu, Mana yang Benar?

Ileny Rizky
Rabu, 21 Desember 2022 - 23:05
Bagikan

Makan Setelah Olahraga

Ketika tubuh berolahraga dengan kondisi perut kosong, kebutuhan energi tubuh Anda lebih banyak dipenuhi oleh pemecahan lemak.

Sebuah studi yang dilakukan pada 273 peserta menyimpulkan bahwa pembakaran lemak dapat lebih tinggi selama olahraga dengan perut kosong. Sementara kadar glukosa dan insulin lebih tinggi selama tubuh berolahraga setelah makan.

Pertukaran antara metabolisme karbohidrat dan lemak ini adalah bagian dari kemampuan alami tubuh untuk berfungsi dengan atau tanpa makanan. 

Kemudian terdapat pula suatu studi yang menunjukkan respon yang berbeda pada individu yang berolahraga dalam keadaan perut kosong dengan mereka yang telah mengonsumsi makan sebelum berolahraga.

Secara khusus, kemampuan otot untuk membakar lemak saat berolahraga dan kemampuan tubuh untuk mempertahankan kadar gula darah ditingkatkan dengan olahraga dalam kondisi perut kosong atau belum mengonsumsi makanan.

Oleh karena itu, beberapa ilmuwan percaya jika respons tubuh seseorang ketika berolahraga dengan kondisi perut kosong akan menyebabkan perubahan lemak tubuh yang lebih menguntungkan daripada berolahraga setelah makan.

Namun, meskipun terdapat beberapa bukti yang menunjukkan manfaat potensial dari olahraga sebelum makan, tidak ada bukti yang kuat bahwa olahraga sebelum makan lebih menurunkan berat badan atau lemak yang lebih besar.

Ada beberapa hal yang tidak boleh dilakukan setelah makan, yakni:

1. Langsung tidur

Tidur selepas makan dapat mengakibatkan makanan yang masih dicerna di lambung naik kembali ke kerongkongan.

Hal ini lebih baik dihindari, terutama bagi mereka yang asam lambungnya sering naik, tidur pun menjadi tidak akan nyaman karena merasa dada dan perutnya  panas seperti terbakar.

2. Merokok

Merokok selepas makan dapat memberikan efek buruk yang  berlipat ganda ketimbang merokok pada biasanya. Terlebih jika Anda mengidap gastritis, kolitis, dan irritable bowel syndrome. 

3. Menggosok gigi

Menggosok gigi setelah makan bisa merusak enamel gigi. Berdasarkan saran dari para ahli, direkomendasikan untuk menunggu minimal 30 menit untuk Anda dapat menggosok gigi setelah makan.

4. Olahraga berat

Olahraga berat setelah makan dapat memberikan efek buruk bagi kesehatan. Oleh karenanya, direkomendasikan untuk dapat  menunggu sedikitnya 45 menit setelah makan untuk  kembali memulai berolahraga.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Ileny Rizky
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro