Ilustrasi vitamin D untuk kesehatan
Health

Cara Memenuhi Asupan Vitamin D Saat Musim Hujan

Mia Chitra Dinisari
Senin, 2 Januari 2023 - 07:24
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Di musim hujan, Anda akan sangat sedikit mendapatkan paparan sinar matahari yang sangat penting untuk asupan vitamin D.

Vitamin D merupakan nutrisi penting yang menjaga kesehatan tulang, gigi, dan otot. Nutrisi juga membantu mengatur jumlah kalsium dan fosfat dalam tubuh, yang sekali lagi merupakan kunci untuk membangun tulang yang kuat.

Konon, kadar vitamin D yang rendah dapat menyebabkan hilangnya kepadatan tulang, yang dapat menyebabkan osteoporosis dan patah tulang. Selain itu, kekurangan vitamin D yang parah dapat menyebabkan penyakit lain. Pada anak-anak dapat menyebabkan rakhitis, yaitu penyakit langka yang menyebabkan tulang menjadi lunak.

Selama musim dingin, mengingat hari-hari semakin pendek dan suhu turun, kulit kita cenderung tidak terpapar sinar matahari, yang merupakan sumber utama vitamin D bagi tubuh kita.

Menurut para ahli kekurangan vitamin D lebih mungkin terjadi pada bulan-bulan yang lebih dingin. 

Jadi bagaimana Anda bisa mencapai kadar vitamin D yang optimal saat musim dingin atau musim hujan?

1. Tetap keluar rumah

Sinar matahari adalah sumber vitamin D terbaik, oleh karena itu tidak peduli seberapa dingin atau beranginnya di musim dingin, pastikan untuk keluar dan berjemur di bawah sinar matahari. Meskipun tidak jelas seberapa banyak paparan sinar matahari dapat memberi Anda jumlah vitamin D yang disarankan, penelitian menunjukkan bahwa paparan selama 8–15 menit sudah cukup untuk membuat banyak vitamin D bagi individu berkulit lebih terang.

2. Konsumsi makanan yang kaya vitamin D

Makanan memainkan peran penting dalam menjaga tingkat nutrisi kita tetap tinggi.

Meskipun sinar matahari adalah sumber vitamin D terbaik, memasukkan makanan tertentu dapat meningkatkan asupan harian. Ini termasuk:

- Ikan salmon

- Jamur

- Tuna

- Susu yang diperkaya

- Fortifikasi jeruk

- Sereal

- Telur utuh

Jika Anda tidak mendapatkan cukup paparan sinar matahari, merasa sulit mendapatkan cukup vitamin D dari makanan saja, maka menurut National Health Services (NHS) Inggris, setiap orang (termasuk wanita hamil dan menyusui) harus mempertimbangkan untuk mengonsumsi suplemen harian yang mengandung 10 vitamin D. mikrogram vitamin D selama musim gugur dan musim dingin.

Tanda kekurangan vitamin D

Menurut Klinik Cleveland, berikut adalah beberapa gejala umum kekurangan vitamin D:

  • Kelelahan
  • Sakit tulang
  • Kelemahan otot, nyeri otot atau kram otot
  • Perubahan suasana hati, seperti depresi

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro