7 Cara Menghilangkan Komedo Menggunakan Bahan Alami (freepik)
Fashion

Ini 7 Cara Menghilangkan Ketombe Secara Alami, Dijamin Ampuh!

Nuraini
Senin, 13 Februari 2023 - 19:25
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Ketombe menjadi salah satu permasalah yang paling sering muncul jika seseorang tidak menjaga kebersihan rambut.

Cara menghilangkan ketombe perlu diketahui agar tidak menyebabkan masalah lain pada kesehatan rambut dan kulit kepala.  

Cara Menghilangkan Ketombe dengan Bahan Alami

Meskipun tidak membahayakan, ketombe dapat mengganggu penampilan dan menimbulkan sensasi rasa gatal pada kulit kepala. Ada berbagai cara yang bisa dilakukan untuk mengatasi masalah ketombe terutama dengan cara yang alami. Berikut ini beberapa cara menghilangkan ketombe membandel dengan bahan alami.

1. Menggunakan minyak kelapa

Cara menghilangkan ketombe kering pertama yaitu dengan menggunakan minyak kelapa. Minyak ini bisa dioleskan pada kulit kepala. Selain menghilangkan ketombe, minyak kelapa juga dapat melembabkan kulit kepala dan menyuburkan rambut.

Untuk mendapatkan manfaat ini, Anda bisa mengoleskan minyak kelapa pada bagian kulit kepala. Lalu, diamkan semalaman kemudian di pagi harinya Anda dapat berkeramas seperti biasa. 

2. Lidah buaya

Cara menghilangkan ketombe alami selanjutnya bisa dengan lidah buaya. Bahan alami ini memiliki kandungan antijamur dan anti radang yang bisa membantu untuk mengatasi peradangan. 

Peradangan pada bagian kulit kepala menjadi salah satu pemicu munculnya ketombe. Tak hanya untuk menghilangkan ketombe pada kulit kepala, lidah buaya ini ampuh untuk mengatasi rasa gatal yang timbul karena ketombe. 

Cara untuk mengatasi ketombe dengan lidah buaya sangat mudah. Oleskan lidah buaya yang dicampur dengan minyak kelapa dan oleskan pada kulit kepala secara merata. 

3. Cuka Apel

Cara mengatasi ketombe kering selanjutnya bisa dilakukan dengan keramas menggunakan cuka asem. Cuka asem memiliki zat asam yang mampu mengurangi serta menghambat pertumbuhan jamur yang penyebab ketombe. 

Meskipun demikian, manfaat cuka apel untuk mengatasi ketombe masih membutuhkan penelitian lebih lanjut. Tetapi, jika Anda ingin mencoba keramas dengan menggunakan cuka apel, maka Anda bisa mencampurkan setengah gelas cuka apel dengan 1 gelas air. Lakukan keramas seperti biasa lalu larutan cuka apel bisa digunakan pada bilasan terakhir.

4. Masker pisang

Cara menghilangkan ketombe selanjutnya yaitu dengan menggunakan masker pisang. Pisang merupakan salah satu buah yang akan memberikan kelembaban pada kulit kepala. Sehingga pisang bisa mengatasi kulit kepala yang kering yang bisa memicu munculnya ketombe.

5. Air lemon

Cara selanjutnya yang dapat dilakukan untuk mengatasi masalah ketombe yaitu dengan mengoleskan air lemon. Buah lemon menjadi bahan alami yang dapat digunakan mengatasi ketombe karena sifat antijamur pada buah lemon.

6. Tea tree oil

Cara menghilangkan ketombe secara alami lainnya yaitu dengan keramas menggunakan tea tree oil. Minyak alami ini berasal dari penyulingan uap tea tree. Keramas menggunakan minyak ini menjadi salah satu cara untuk menghilangkan ketombe. 

Bahkan, secara ilmiah disebutkan bahwa tea tree oil memiliki kemampuan dalam melawan jamur yang menjadi penyebab munculnya ketombe. Seperti keramas menggunakan cuka apel, penggunaan tea tree oil ini juga perlu dicampurkan dengan air maupun sampo saat keramas. Setelah itu, diamkan selama 5 menit saja dan kemudian bilas rambut hingga bersih.

7. Mengelola stress

Cara menghilangkan ketombe membandel selanjutnya yang bisa dilakukan yaitu dengan mengelola stress. Hal tersebut dikarenakan stress bisa menjadi penyebab daya tahan tubuh menurun. Termasuk bisa menurunkan kemampuan dalam melawan infeksi jamur yang dapat menyebabkan ketombe.

Stress juga bisa menjadi salah satu pemicu gejala dermatitis seboroik yang merupakan penyebab umum terjadinya ketombe. Kendalikan stress dengan menerapkan teknik pernapasan dan juga melakukan meditasi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Nuraini
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro