Otak/cbsnews.com,au
Health

Tanda Aneurisma Otak yang Tidak Boleh Diabaikan

Mia Chitra Dinisari
Kamis, 16 Februari 2023 - 17:49
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Layanan Kesehatan Nasional Inggris (NHS) mendefinisikan aneurisma sebagai 'tonjolan' di pembuluh darah di otak.

Ini disebabkan oleh kelemahan pada dinding pembuluh darah, jelas badan sehat. Ini sering muncul sebagai buah beri yang tergantung di batangnya, yang dapat bocor atau pecah dan menyebabkan pendarahan di otak - stroke hemoragik.

Aneurisma yang pecah dapat membuat Anda rentan terhadap rawat inap atau kematian, oleh karena itu gejalanya harus segera dikenali.

Menurut Mayo Clinic, pecahnya aneurisma otak adalah keadaan darurat medis, dimana aneurisma mulai bocor dan menyebabkan pendarahan. Gejala umum termasuk sakit kepala parah, mual, muntah, leher kaku, kepekaan terhadap cahaya, kejang, kehilangan kesadaran dan kebingungan.

Aneurisma otak yang tidak pecah masih utuh dan biasanya tidak menimbulkan gejala. Gejala umum termasuk masalah penglihatan, nyeri di atas atau di sekitar mata, mati rasa atau kelemahan di satu sisi wajah Anda, kesulitan berbicara, sakit kepala, kehilangan keseimbangan, dan banyak lagi.

1. Sakit kepala parah yang mendadak

Aneurisma otak dapat berkembang di pembuluh darah mana pun di tubuh, tetapi ada dua area yang paling rawan. Ini termasuk: arteri yang mengangkut darah dari jantung ke seluruh tubuh (aorta perut) dan otak.

Sebagian besar aneurisma otak menyebabkan tanda dan gejala yang nyata saat 'tonjolan' pecah. Pendarahan dapat menyebabkan sakit kepala mendadak yang bisa sangat parah dan menyakitkan. NHS menggambarkan sakit kepala itu sebagai "sakit kepala petir".

2. Kebas di satu sisi tubuh atau wajah

"Mati rasa atau kelemahan pada satu sisi wajah Anda" adalah gejala umum aneurisma otak, menurut NHS. Dibandingkan dengan aneurisma yang pecah atau 'bocor', aneurisma yang tidak pecah sering menyebabkan mati rasa pada satu sisi wajah. Namun, perhatikan bahwa tidak semua mati rasa pada wajah disebabkan oleh aneurisma.

Ini juga bisa menjadi tanda Bell's palsy, multiple sclerosis (MS), atau stroke. Pastikan untuk mendapatkan diagnosis yang benar dan lengkap.
05/6Kelopak mata turun atau penglihatan ganda

Gejala lain yang terkait dengan aneurisma otak adalah gangguan penglihatan, seperti kehilangan penglihatan atau penglihatan ganda. Ini disertai dengan rasa sakit di atas dan di belakang satu mata atau pupil yang melebar.

Siapa yang berisiko?

Menurut Mayo Clinic, sejumlah faktor dapat memengaruhi risiko aneurisma otak. Ini termasuk: usia tua, merokok, tekanan darah tinggi, penyalahgunaan narkoba, dan konsumsi alkohol berat. Cedera kepala sebelumnya atau infeksi darah tertentu juga dapat meningkatkan risiko masalah otak.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro