Ilustrasi gagal jantung/Freepik.com
Health

Tanda-tanda Otot Jantung TIdak Sehat

Mia Chitra Dinisari
Kamis, 2 Maret 2023 - 19:56
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Penyakit jantung adalah salah satu penyebab utama kematian di seluruh dunia.

Ini menggambarkan berbagai kondisi yang mempengaruhi jantung, termasuk penyakit arteri koroner, aritmia, cacat jantung bawaan dan penyakit otot jantung.

Kardiomiopati mengacu pada penyakit otot jantung, di mana jantung merasa sangat sulit untuk memompa darah ke seluruh tubuh.

Penebalan otot jantung yang tidak normal, membuat jantung lebih sulit bekerja, jelas Mayo Clinic.

Jadi bagaimana Anda tahu jika otot jantung Anda sedang berjuang? Berikut adalah beberapa gejala yang harus diwaspadai.

1. Sesak napas

Dalam kasus kardiomiopati, otot jantung Anda melemah dan menyulitkan jantung Anda untuk memompa darah secara efisien. Ini dapat menyebabkan sesak napas.

Hal ini terjadi baik saat beraktivitas maupun saat istirahat. Bahkan saat Anda tidak memaksakan diri, Anda mungkin merasa kehabisan napas.

2. Ketidaknyamanan dada

Ada banyak jenis kardiomiopati termasuk kardiomiopati hipertrofik, kardiomiopati restriktif, sindrom patah hati atau kardiomiopati Takotsubo yang semuanya melibatkan melemahnya otot jantung, menurut National Health Service (NHS) Inggris.

Ketika otot jantung melemah, seseorang cenderung merasakan ketidaknyamanan, nyeri, dan tekanan tertentu di dada, yang mungkin disebabkan oleh kerja ekstra yang harus dilakukan jantung untuk memompa darah yang cukup. Ketegangan dapat membuat seseorang sulit bernapas dan menyebabkan nyeri dada.

3. Pusing

Pusing adalah ketika seseorang merasa bahwa segala sesuatu di sekitarnya berputar. Itu bisa membuat Anda merasa pusing, memicu sakit kepala dan bahkan mungkin merasa pingsan.

Menurut Mayo Clinic, pusing, pusing dan pingsan bisa terjadi pada orang dengan otot jantung yang melemah akibat kardiomiopati. Ini bisa jadi akibat irama jantung yang lambat atau cepat.

4. Jantung berdebar-debar

Seperti yang telah dibahas, kardiomiopati adalah penyakit otot jantung, di mana jantung Anda tidak dapat memompa darah secara efisien ke seluruh tubuh Anda. Akibatnya, seseorang mungkin mengalami kelelahan, sesak napas, dan/atau jantung berdebar-debar. Jantung berdebar-debar adalah perasaan jantung berdebar kencang, berdebar atau berdebar, jelas Mayo Clinic. Itu juga dapat terjadi selama stres ekstrim, olahraga, atau dapat disebabkan oleh kondisi medis.

Siapa yang berisiko?

Banyak faktor yang dapat meningkatkan risiko kardiomiopati. Ini termasuk riwayat keluarga kardiomiopati, gagal jantung dan serangan jantung mendadak, tekanan darah tinggi jangka panjang, obesitas, penyalahgunaan alkohol jangka panjang, penggunaan obat terlarang dan pengobatan dengan obat kemoterapi tertentu dan radiasi untuk kanker, kata Mayo Clinic.

Selain itu, kondisi medis tertentu seperti diabetes, penyakit tiroid, hemokromatosis, gangguan jaringan ikat dapat meningkatkan risiko penyakit jantung.
AKHIR DARI CERITA

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro