Ambergris atau muntahan ikan paus sering digunakan untuk parfum
Relationship

Ambergris, Muntahan Ikan Paus yang Mahal dan Dijual Hingga Rp200 Juta

Salma Permata Dewi
Senin, 13 Maret 2023 - 18:23
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Ambergris merupakan kotoran yang dikeluarkan oleh ikan paus sperma dan disebut-sebut menjadi harta karun laut dan emas terapung.

Para ilmuwan menduga kalau produksi ambergris ini sangat jarang. Kemungkinan hanya terjadi pada 1 persen dari 350.000 paus sperma di dunia. 

Ambergris berasal dari usus paus sperma (Physeter catodon) yang merupakan zat lilin padat. Paus sperma suka memakan cumi-cumi, tetapi tidak bisa mencerna paruhnya sehingga ambergris terbentuk saat paruh cumi-cumi melewati usus paus. 

Pengguna TikTok dengan nama pengguna @dynogojagoja mengunggah video mengenai muntahan paus yang ditemukannya di Kolowu Morikana, Pantai Buton Selatan, Sulawesi Tenggara, Jumat (3/3/2023). 

Ambergris paling sering ditemukan di pantai China, Jepang, Afrika, Amerika, dan pulau-pulau tropis seperti Bahama. Ambergris segar berwarna hitam, lembut, dan memiliki bau yang tidak sedap, sedangkan saat terkena sinar matahari, udara, dan air laut, ambergris akan mengeras dan memudar menjadi abu-abu muda atau kekuningan.

Biasanya, dalam budaya Timur, ambergris digunakan untuk obat-obatan, ramuan, dan bumbu. Sementara itu, di Barat biasa digunakan untuk parfum. Tak hanya itu, saat ini ambergris juga dijadikan bahan dalam cocktail, seperti cocktail di London bernama Moby Dick Sazerac. 

Secara kimiawi, ambergris mengandung alkaloid, asam, dan alkohol tanpa bau, ambrein. Biasanya ambergris digiling menjadi bubuk dan dilarutkan dalam alkohol encer. Memiliki aroma berkarakter musky yang unik cocok ditambahkan dengan aroma bunga. 

Ambergris yang sudah terkena sinar matahari, udara, dan air laut beraroma lebih enak dibandingkan saat masih berwarna hitam. Ambergris yang sudah diproses akan mempunyai aroma yang unik dan tidak mudah menguap sehingga cocok dijadikan parfum.

Karena jarang dan memiliki karakter yang unik, ambergris menjadi barang yang memiliki harga tinggi. Ambergris dengan kualitas tinggi, per gramnya bisa bernilai lebih dari US$27. Saat nelayan di Yaman menemukan potongan ambergris seberat 290 pon pada 2021, mereka menjualnya dengan harga US$1,5 juta atau Rp230 juta.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro