Serangan jantung mendadak pada usia muda/ilustrasi
Health

Ini 15 Makanan yang Menyehatkan Jantung

Salma Permata Dewi
Rabu, 15 Maret 2023 - 21:35
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Banyak makanan yang bermanfaat bagi kesehatan jantung dan menurunkan risiko penyakit jantung, seperti sayuran hijau, biji-bijian, dan ikan berlemak.

Dilansir dari Healthline, Selasa (15/3/2023) diet memainkan peran utama dalam kesehatan jantung dan dapat mengurangi risiko penyakit jantung. Hal ini disebabkan ada makanan yang juga berbahaya bagi jantung, memengaruhi tekanan darah, peradangan, dan lainnya sehingga Anda harus memilih makanan yang akan dikonsumsi.

Berikut 15 makanan yang harus Anda makan untuk memaksimalkan kesehatan jantung.

1. Sayuran hijau

Sayuran berdaun hijau seperti bayam, kangkung, dan sawi merupakan sayuran yang kaya vitamin, mineral, dan antioksidan. Vitamin K yang ada di sayuran hijau membantu menurunkan tekanan darah, melindungi arteri dan meningkatkan pembekuan darah yang tepat. Beberapa penelitian menemukan hubungan antara meningkatkan asupan sayuran hijau dan risiko penyakit jantung yang lebih rendah.

2. Biji-bijian dari rumput

Studi menunjukkan bahwa makan biji-bijian menjadikan kolesterol dan tekanan darah sistolik yang lebih rendah, serta risiko penyakit jantung yang lebih rendah. Biji-bijian dari rumput yang bisa Anda makan meliputi gandum utuh, beras merah, oat, gandum hitam, soba, jelai, dan quinoa.

3. Buah beri

Stroberi, bluberi, blackberry, dan raspberry penuh dengan nutrisi penting untuk kesehatan jantung karena buah beri kaya akan antioksidan. Oleh karena itu, memakan buah beri dapat mengurangi risiko penyakit jantung.

4. Alpukat

Alpukat memiliki tinggi lemak tak jenuh tunggal dan potasium. Mereka dapat membantu menurunkan kolesterol, tekanan darah, dan risiko sindrom metabolik.

5. Ikan berlemak dan minyak ikan

Ikan berlemak contohnya seperti salmon, sarden, tuna kaya akan asam lemak omega-3. Mereka dapat membantu mengurangi faktor risiko penyakit jantung, termasuk tekanan darah, trigliserida, dan kolesterol.

6. Walnut

Kenari adalah sumber serat dan mikronutrien yang bagus seperti magnesium, tembaga, dan mangan yang membantu mengurangi kolesterol dan tekanan darah dan dapat dikaitkan dengan risiko penyakit jantung yang lebih rendah.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Halaman:
  1. 1
  2. 2
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro