Lidah buaya/Istimewa
Health

5 Jenis Tanaman Ini Bisa Bantu Hisap Polusi di Rumah

Mutiara Nabila
Selasa, 15 Agustus 2023 - 20:25
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA — Polusi udara sedang jadi masalah besar di kota besar terutama di Jakarta.

Mengutip data Air Quality Index (AQI), di Jakarta hari ini, Selasa (15/8/2023) kualitas udaranya mencapai 111 poin atau sangat berbahaya terutama bagi kelompok sensitif.

Polusi udara juga tak hanya bisa mengontaminasi udara luar ruang, bahkan juga bisa masuk ke dalam rumah. Untuk menangkal polusi udara, kita bisa melakukan beberapa hal, di antaranya dengan memakai masker saat ke luar rumah, memasang pemurni udara atau menanam tanaman anti polutan di dalam rumah. 

Mengutip Eco-age.com, ada beberapa tanaman yang selain bisa membuat rumah terasa lebih asri juga bisa berfungsi ampuh menghisap polusi udara di dalam rumah berikut ini:

1. Bunga lily

Bunga lily selain cantik juga dapat menyerap zat berbahaya, seperti kloroform, etanol, aseton. Tanaman ininsering dijumpai di daerah tropis seperti Asia Tenggara dan Amerika.

2.  Pakis Boston

Selain menjadi filter udara alami, Pakis Boston juga dapat mengembalikan kelembapan alami ke udara. Faktanya, tanaman ini terbukti efektif untuk orang dengan kulit kering atau hidung atau tenggorokan yang sensitif pada udara lembap. 

3. Lidah Buaya

Tanaman lidah buaya selama ini terkenal dengan manfaatnyan bagi kulit yang tersengat matahari ataupun kulit sensitif. Tapi, selain bermanfaat menenangkan kulit, tanaman ini juga bisa berfungsi sebagai pembersih udara alami dan mengurangi bahan kimia beracun termasuk formaldehida dan benzena.

4. Suji (Dracaena)

Daun suji sering kali digunakan sebagai pewarna makanan alami. Warna hijau daun yang pekat sangat baik untuk menjaga udara disekitar rumah tetap sehat. Tanaman ini juga memiliki anti-kontaminan sehingga sangat berguna untuk menjaga udara tetap bersih dan sehat.

5. Lidah mertua

Sanseviera juga dikenal dengan lidah mertua bisa tumbuh di dalam ruangan, karena tidak memerlukan banyak air dan matahari tanaman. Tanaman ini juga mudah dirawat karena tahan terhadap kekeringan. Selain itu, tanaman ini juga sangat baik untuk membuat udara menjadi segar dan bebas dari polutan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Mutiara Nabila
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro