Kopi menjadi salah satu komoditas andalan di Provinsi Sulawesi Selatan, yang kemudian dimanfaatkan oleh Cafe Toarco Toraja Coffee. Bisnis-Erwin Prasetyo.
Kuliner

Jelajah Sinyal 2023: Menyesap Kopi Toraja Premium Toarco di Makassar

Annisa Kurniasari Saumi
Minggu, 3 Desember 2023 - 08:30
Bagikan

Bisnis.com, MAKASSAR - Kopi menjadi salah satu komoditas andalan di Provinsi Sulawesi Selatan. Melimpahnya komoditas ini dimanfaatkan oleh Cafe Toarco Toraja Coffee untuk menyajikan kopi khas Toraja. 

Pemilik Toarco Toraja Coffee Desy Sagita Goly (34) mengatakan cafe Toarco ini telah memasuki usia 10 tahun dan telah dibuka pada 2014. Dia menuturkan, sebelum membuka cafe, pihaknya hanya melakukan ekspor kopi saja. 

"Kami dasarnya mengekspor kopi dari Indonesia ke luar negeri, utamanya ke Jepang. Karena kami kebetulan bekerja sama dengan perusahaan Jepang, Key Coffee," kata Desy saat ditemui di Makassar, Jumat (1/12/2023). 

Awalnya, kata dia, Toarco hanya mengelola perkebunan kopi di Toraja, Sulawesi Selatan selama 40 tahun. Dari situ, pihaknya berpikir untuk membuka cafe untuk memfasilitasi pencinta kopi. 

Menurut Desy, Toarco Toraja Coffee menanam hingga memanen kopi milik mereka sendiri, hingga disajikan ke pelanggan. Dia menuturkan, terdapat beberapa varian kopi Toraja yang hanya ditemukan di cafe miliknya, seperti varian Uma, Pedamaran, hingga Pango-pango.

Tak hanya di Makassar, Toarco Toraja Coffee juga melakukan ekspansi ke Jakarta. Menurutnya, saat ini cafe kedua Toarco bisa ditemukan di daerah Blok M, tepatnya di Papaya Fresh Gallery. 

Ibu satu anak ini menuturkan pihaknya bekerja sama dengan perusahaan Jepang, yakni Masuya, untuk membuka outlet Toarco di Jakarta. 

"Rencananya untuk tahun depan, kami juga akan buka di Serpong," ujar Desy. 

Selain itu, pihaknya juga memiliki rencana untuk membuka cabang Toarco di Bali. Sama seperti di Jakarta, cafe Toarco di Bali juga akan dibuka dengan bekerja sama dengan Papaya. 

Adapun kopi-kopi di Toarco Toraja Coffee ini dijual dengan harga yang bervariasi, mulai dari Rp30.000 hingga Rp55.000. Toarco juga menyediakan minuman non-kopi yang bisa dipesan bagi pengunjung yang tak meminum kopi. 

Selain menjual kopi yang telah disajikan, Toarco juga menjual produk biji kopi Toraja dan kopi Toraja premium, hingga bubuk kopi di cafe mereka. Kopi tersebut dijual mulai dari Rp35.000 hingga Rp80.000 dengan berbagai ukuran berat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Editor : Hafiyyan
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro