Publik figur Raffi Ahmad saat menyambangi kediaman Prabowo Subianto di Kertanegara, Selasa (15/10/2024)/Bisnis-Dany Saputra
Entertainment

Profil Raffi Ahmad, yang Bakal Gabung di Kabinet Prabowo-Gibran

Mia Chitra Dinisari
Selasa, 15 Oktober 2024 - 18:44
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Prabowo memanggil artis Raffi Ahmad ke kediamannya, hari ini, Selasa 15 Oktober 2024.

Usai bertemu Prabowo, Raffi mengatakan, dirinya berkomitmen untuk membantu Prabowo di sektor yang sesuai dengan keahliannya, khususnya di bidang kreatif dan seni.

"Kita sama sama membantu beliau maksudnya kalau saya membantu bidang yang saya kuasai kira-kira generasi muda, badan kreatif dan pekerja seni kurang lebih itu," ujar Rafi di Kertanegara.

Hanya saja, Raffi enggan mengungkapkan posisi yang diembannya dalam kabinet pemerintahan Prabowo-Gibran Rakabuming Raka periode 2024-2025. Pasalnya, pengumuman resmi pemilihan kabinet mulai dari menteri, wakil menteri hingga kepala badan bakal diungkap secara resmi oleh Prabowo Subianto.

Raffi Ahmad sebelumnya juga ditunjuk sebagai salah satu pengurus organisasi Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia versi musyawarah nasional luar biasa (Munaslub) untuk periode 2024-2029. Raffi menjabat Wakil Ketua Umum (WKU) Kadin Indonesia Bidang Pariwisata dan Ekonomi Kreatif.

Diberitakan Bisnis sebelumnya, penetapan itu diumumkan oleh Wakil Ketua Umum Kadin Bidang Pertanian Mulyadi Jayabaya di Menara Kadin Indonesia, Jakarta, Senin (7/10). Penetapan itu disaksikan secara langsung oleh Ketua Umum Kadin versi Munaslub Anindya Bakrie serta sejumlah anggota Kadin lainnya.

Profil Raffi Ahmad

Dua jabatan ini menambah portofolio Raffi Ahmad yang selama ini dikenal sebagai aktor, presenter, dan juga pengusaha.

Raffi Farid Ahmad lahir di Bandung Jawa Barat pada 17 Februari 1987.

Dia merupakan anak sulung dari tiga bersaudara, dari pasangan almarhum Munawar Ahmad yang keturunan Pakistan dengan Amy Qanita yang keturunan Sunda.

Kedua saudaranya bernama Syahnaz Sadiqah dan Nisya Ahmad. Raffi Ahmad pernah mengatakan mengenai silsilah keluarganya bahwa ia dibesarkan dalam sebuah keluarga berdarah Pakistan yang diturunkan dari sang kakek.

Meski Raffi berasal dari Bandung, ia menghabiskan masa-masa sekolahnya di Bandung dan Jakarta.

Raffi memulai kariernya saat ia masih menduduki bangku SMP mulai dari mengikuti syuting sinetron, FTV atau bahkan film layar lebar. Berawal dari menjadi pemeran pendukung di sinetron pertamanya, Tunjuk Satu Bintang (2002), Raffi baru melejit dalam Senandung Masa Puber di Trans TV sebagai pemeran utama bersama Bunga Citra Lestari.

Setelah itu, Raffi terus-menerus muncul di sinetron-sinetron dan FTV remaja bahkan film layar lebar, salah satunya film berjudul Love Is Cinta. Akting apik Raffi di film yang juga dibintangi oleh Acha Septriasa dan Irwansyah ini mendapatkan pujian dari kritikus film

Bisnis milik Raffi Ahmad

Raffi juga memiliki sejumlah bisnis berikut ini

Bidang Olahraga

Pada Maret 2021, Raffi Ahmad mengakuisisi sepak bola liga 2 yakni Cilegon FC sehingga berubah menjadi RANS Cilegon FC. Kemudian di bidang olahraga lainnya yakni basket, Raffi juga memiliki RANS PIK Basketball.

Di olahraga lainnya yakni untuk E-Sport, Raffi memiliki RANS E-Sport yang berfokus pada game seperti Mobile Legends, dan lain-lainnya.

Bidang Entertainment

Raffi Ahmad memiliki bisnis dalam RANS Animation Studio yakni untuk berfokus di serial animasi, PoweRANSgers yang menayangkan kegiatan para kru dari RANS Entertainment, RANS Music, dan taman bermain yakni RANS Zoo yang dibangun di Pantai Indah Kapuk 2 dengan luas 2,6 hektar.

Bidang Fashion / Beauty

Untuk berfokus dalam bidang kecantikan dan juga perawatan, hal ini difokuskan dalam RANS Beauty. Gigi sendiri juga memiliki bisnis dalam Toko Mama Gigi dengan konsep live shopping.

Bidang Makanan

Raffi Ahmad dan Nagita Slavina juga melebarkan sayap bisnisnya dalam bidang makanan. Dalam bidang ini, diketahui bahwa keduanya memiliki bisnis yakni Brulee Mama Gigi, RA Street (cafe) dan Aa Raffi Chicken.

Terbaru, dia dan istrinya membuka RANS Nusantara di BSD Tangerang Selatan.

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro