Travel

LIBUR LEBARAN: PKL Musiman Ikut Ramaikan Kota Tua

David Eka Issetiabudi
Kamis, 31 Juli 2014 - 10:45
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA— Sudah menjadi biasa jika liburan tiba maka Kawasan Kota Tua dipenuhi wisatawan, tetapi tidak hanya itu ratusan pedagang kaki lima musiman juga menjamur di tempat ini.

Para pedagang diketahui mendapat keleluasaan untuk berjualan selama libur Lebaran, sebelum aturan sterilisasi kawasan Taman Fatahillah dari pedagang kaki lima (PKL) kembali diberlakukan. Sedangkan untuk hari-hari biasa, PKL tidak diperkenankan berjualan di dalam area tersebut.

Sesuai aturannya, PKL ditempatkan di pinggir Jalan Kali Besar Timur atau sejumlah sudut Taman Fatahillah. Namun pada libur Lebaran kali ini, ratusan PKL musiman, baik yang berkeliling maupun menempati suatu area dengan menggunakan lapak sangat mudah ditemui.

Yono, salah satu PKL yang menjual minuman di kawasan Taman Fatahillah menuturkan sudah menjadi hal biasa saat musim liburan para pedagang otomatis memenuhi Kawasan Kota Tua. Menurutnya hal seperti itu sudah menjadi budaya dan tidak perlu menggunakan pengumuman dan sebagainya.

“Aman kok, tidak ada Satpol PP yang menegur. Tetapi sewaktu sterilisasi ya berbeda,” tuturnya kepada Bisnis.com, Kamis (31/7).

Yono menambahkan petugas memberikan kelonggaran bagi pedagang musiman untuk berjualan di areal Taman Fatahillah kurang lebih seminggu lamanya terhitung sejak hari pertama Idul Fitri. “Penghasilannya jug lumayan, naik 50% dari hari biasa,” ungkapnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Tags :


Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro