Belanja/
Fashion

4 Tips Ampuh Mengelola Gaji Bulanan Agar Tidak Boros

Mia Chitra Dinisari
Rabu, 10 Desember 2014 - 10:47
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA—Apakah Anda termasuk orang yang sangat menunggu gaji ditransfer ke rekening Anda setiap bulannya?

Apalagi, karena Anda merasa keuangan Anda makin menipis dan membuat berpikir makan apa Anda sebelum masa gajian tiba.

Jika iya, maka Anda termasuk orang yang tidak mampu mengelola keuangan sendiri. Berikut adalah beberapa langkah sederhana untuk dimasukkan ke dalam praktek, terutama jika Anda lajang.

1. Miliki simpanan ganda

Memiliki simpanan ganda sangat penting agar Anda bisa menyimpan sebagian uang Anda dalam rekening yang rutin dipakai untuk kebutuhan sehari-hari.

Pastikan setiap bulan sejumlah uang ditransfer ke rekening alternatif tersebut. Jangan menggunakannya kecuali saat darurat. Sehingga ketika Anda membutuhkan uang namun waktu gajian belum tiba, dana ini bisa digunakan.


2. Tuliskan pengeluaran Anda

Catat seluruh pengeluaran dan rencana belanja Anda setiap bulannya. Prioritaskan kebutuhan primer, hal ini untuk menghindari Anda belanja berlebihan dari kebutuhan yang sesungguhnya.

Setelah Anda membuat catatan pengeluaran selama sebulan, Anda dapat memprioritaskan dan kemudian, menyesuaikan anggaran tergantung pada berapa banyak Anda peroleh.

3. Hindari boros

Banyak orang yang malas memasak di rumah akhirnya memutuskan untuk makan di restoran. Padahal ini pengeluarannya akan lebih besar daripada Anda memasak di rumah.

Jadi daripada Anda boros hanya untuk makanan, cobalah undang teman-teman Anda ke rumah untuk memasak bersama dan ngobrol yang murah meriah.

4. Ikuti aturan tunggu 30 hari

Apa itu? ini adalah aturan yang sederhana, dimana jika Anda merasa bahwa Anda membutuhkan sesuatu, tunggu selama 30 hari dan kembali putuskan apakah Anda membutuhkannya dan perlu untuk membelinya.

Jika Anda tidak memikirkan hal tersebut selama 30 hari, Anda mungkin memutuskan untuk tidak membelinya sama sekali karena dorongan Anda untuk memilikinya akan berlalu. (timesofindia)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Sumber : times of India
Bagikan

Tags :


Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro