Ruangan yang asri dengan tanaman hijau di dalamnya tentu menjadi dambaan bagi anda pecinta tanaman-tanaman hias. Namun membawa tanaman ini ke dalam ruangan harus disesuaikan dengan berbagai hal terutama pot./JIBI
Fashion

Pot Unik untuk Hias Ruang Apik

Ipak Ayu H Nurcaya
Sabtu, 11 April 2015 - 15:13
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Ruangan yang asri dengan tanaman hijau di dalamnya tentu menjadi dambaan bagi anda pecinta tanaman-tanaman hias. Namun membawa tanaman ini ke dalam ruangan harus disesuaikan dengan berbagai hal terutama pot.

Desainer asal Korea, Jeung Seungbin dari DailyLife Lab terbaru ini memperkenalkan hasil desain potnya yang unik. Karyanya diinspirasi dari keinginannya sendiri untuk memperlakukan tanaman kecil secara istimewa.

Pot tersebut dia beri nama ‘Rainy Pot’ atau Pot Hujan karena memiliki awan di atasnya yang mampu memberikan tetesan air dan seolah-olah turun dari awan seperti hujan. Dilansir dari dailylifelab, pot ini berfungsi membantu proses pengairan tanaman.

Pot ini dapat digantung di dinding dan memiliki filter air dari bentuk awan yang unik sehingga dapat mengubah air menjadi rintik-rintik seperti hujan. Awan tersebut dapat menampung sekitar 80 ml air, kemudian pot kecil tersebut jugabdapat dicabut untuk dibersihkan atau dikeringkan.

Pot ini dapat membantu tanaman untuk mendapatakan jumlah air yang tepat. Pot ini juga bisa menjadi inovasi yang menyenangkan untuk penggunaan air pada tanaman kesayangan anda. Jadi anda tidak akan susah payah meyiram berulang kali karena khawatir tanaman kesayangan anda kekurangan air.

Arstitek Rudi Hermanto mengatakan pot tersebut juga merupakan solusi bagi pecinta tanaman yang ingin mendesain ruangan dengan menggunakan pot. Pot lucu ini memiliki keunggulan sisi playful untuk fungsi yang menarik.

“Sisi playful itu semacam atraksi yang terjadi pada awan tersebut, menarik dan lucu, dia juga memiliki keunggulan dari segi warna yang seperti hiasan dinding sehingga cocok digunakan dalam ruangan,” kata Rudi.

Untuk ruangan yang ingin anda hias dengan pot-pot tanaman hidup Rudi memberikan beberapa tipsnya. Pot-pot tanaman hidup memang sebaiknya ditempatkan di ruangan yang sifatnya semi outdoor sehingga menambah keasrian suatu ruangan. Pemilihan tanaman juga harus tepat dari segi ukuran maupun efek yang ditimbulkan.

Misalnya kita bisa taruh tanaman pengusir nyamuk di teras rumah. Paling penting pot tersebut harus dirawat artinya peletakan dan aksesibilitas juga harus diperhatikan agar tidak merusak tatanan ruangan yang seharusnya nyaman.

Untuk ruangan indoor pilihlah tanaman yang sesuai, yaitu yang dapat hidup dengan cahaya terbatas. Tanaman tersebut a.l Kuping Gajah, Sri Rejeki, Siri Belanda, Kayu Besi, dll yang memiliki fungsi sebagai penyegar ruangan.

Menurut Rudi, pot untuk hiasan dinding harus dipadukan dengan furnitur dan desain interior dalam ruangan tersebut. Misalnya seperti dipadukan dengan unsur batu alam agar terlihat lebih asri atau air mancur mini yang cocok di dalam ruangan.

Selain itu bisa juga dikombinasikan dengan hiasan dinding dalam bentuk mural atau gambar lukisan. Pot ini juga dapat berdiri untuk memberikan kesan tatanan ruangan simpel dan rapi sehingga tetap menyegarkan pandangan.

Selain merawat pot di dalam ruangan yang paling penting adalah merawat tanaman itu sendiri. Sebaik apapun desain pot atau interior ruang lain jika terdapat tanaman yang layu tentu akan menimbulkan kesan yang tidak nyaman.

Cara perawatannya sangat mudah dan hanya memerlukan kedisiplinan. Pertama dengan memperhatikan kebutuhan air si tanaman agar tidak layu. Lalu, memangkas dedaunan atau bagian-bagian yang layu agar tidak menganggu suasana asri yang ditimbulkan.

Kemudian, jangan lupa untuk sesekali mengeluarkan tanaman agar terkena sinar matahari yang tentu baik bagi kelangsungan hidup tanaman. Terakhir, perhatikan selalu ukuran tanaman yang bertumbuh setiap hari, jika pot dalam tanaman tidak mampu lagi menampung tanaman tersebut gantilah pot yang lain dengan ukuran yang sesuai.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Tags :


Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro