Kebaya Puteri Solo./JIBI-Duwi Setiya Ariyanti
Fashion

Batik Pasar Klewer Hadir di La Piazza Sentra Kelapa Gading

Reni Efita
Sabtu, 20 Juni 2015 - 13:18
Bagikan
Bisnis.com, JAKARTA -- Pihak PT Summarecon Agung Tbk. pengelola Sentra Kelapa Gading berupaya melestarikan batik yang sudah mendapatkan pengakuan dari UNESCO dengan mendatang pedagang batik Pasar Klewer Solo untuk mempromosikan kain batik kepada pengunjung pusat perbelanjaan Sentra Kelapa Gading, Jakarta Utara.
 
Melalui kegiatan bertema Ngenteni Buka Ning Pasar Klewer, Summarecon menghadirkan Galeri Batik Eksklusif dan Bazar Batik Klewer di area Multi Purpose Hall La Piazza, 19 Juni-5 Juli.
 
Tema tersebut diangkat, kata Liliawati Rahardjo Direktur PT Summarecon Agung Tbk, merupakan salah satu bentuk kepedulian Summarecon untuk melestarikan batik di Tanah Air.
 
Batik, kata Liliawati adalah sebuah proses pengerjaan yang panjang dan bukan hanya sekadar motif. Batik yang telah ditetapkan UNESCO sebagai World Heritage, masih membutuhkan berbagai program untuk menjaga kelestariannya. Harga batik tulis mahal, karena cara pengerjaannya yang lama dan rumit.
 
"Jangan dilihat batik sebagai motif, tapi lebih ke proses yang lama," kata Liliana disela-sela acara pembukaan Nganteni Buka Ning Pasar Klewer, di La Piazza Sentra Kelapa Gading, Jakut, Jumat (19/6/2015) sore.
 
Tujuannya mengadakan kegiatan yang digabung dengan kuliner Solo itu, juga untuk edukasi masyarakat tentang proses pembuatan batik dengan menyediakan satu stand yang menampilkan proses pembuatan batik.
 
Di pasar terdapat beberapa macam tekstil batik yang perlu diketahui oleh masyarakat. Dari segi proses pembuatan motif, batik dapat dibedakan yaitu batik tulis yang proses pembuatan motifnya dengan menggunakan canting dan malam, batik cap yang pembuatan motifnya dengan cap dan malam (lilin), batik kombinasi batik tulis dan cap, atau batik printing yang motifnya dibuat dengan mesin printing. Batik yang dapat pengakuan dari UNESCO yaitu batik tulis.
 
Di galeri Batik Eksklusif dihadirkan batik tulis dari beberapa merek terkenal. Salah satu di antaranya Batik Danar Hadi.
 
Diana Santosa Managing Director PT Batik Danar Hadi mengatakan ada beberapa faktor yang menetukan mahal kain batik yaitu tingkat kerumitan isen untuk membuat motif, pewarnaan, bahan baku yang digunakan.
 
Pelaksanaan kegiatan tersebut, kata Diana, sangat dibutuhkan oleh pengrajin batik untuk mengenalkan batik lebih luas lagi. "Kita sebagai perajin batik butuh tempat di mal untuk mensosilaisasikan batik. Dengan cara seperti ini, batik banyak dikenal orang," kata Diana.
 
Terdapat pula Bazar Batik Klewer yang mendatangkan 36 pedagang batik Pasar Klewer Solo.
 
Kehadiran batik eksklusif dan bazar batik untuk memudahkan konsumen mendapatkan batik asal Solo, sehingga tidak perlu lagi pergi ke Solo untuk mendapatkan kain atau busana batik.
 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Reni Efita
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro