Karapan sapi./Antara
Show

Festival Sapi Sonok Meriahkan Karapan Sapi Madura 2015

Dimas Novita Sari
Kamis, 1 Oktober 2015 - 10:33
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA- Grand Final Festival Sapi Sonok kembali diselenggarakan untuk memeriahkan Karapan Sapi Madura 2015 yang digelar pada 25 Oktober 2015 di Stadion R. Soenarto Hadiwidjojo, Kabupaten Pamekasan, Pulau Madura, Provinsi Jawa Timur.

Dikutip dari Wonderful Indonesia, Kamis (1/10/2015), Festival Sonok Sapi merupakan bagian yang unik dari perayaan Karapan Sapi Madura 2015. Dalam Festival Sonok Sapi, sapi betina dihias cantik dengan aksesoris gemerlap.

Untuk mempersiapkan sepasang sapi sonok, biasanya pemilik sapi harus merogoh kocek lebih dalam. Sebab, aksesoris yang dibutuhkan seperti mahkota perak atau sepuhan emas memiliki harga yang tinggi. Ada pula yang melengkapinya dengan rompi manik-manik dan rangkaian bunga melati.

Karapan sapi merupakan perlombaan pacuan sapi dari Madura, acara itu diselenggarakan setiap tahun dan diwarisi secara turun-temurun. Kegiatan tersebut juga merupakan simbol kebanggaan bagi masyarakat Madura karena sapi yang digunakan untuk pertandingan pun merupakan sapi-sapi berkualitas baik dengan perlakuan yang istimewa pula.

Dalam perayaan karapan sapi ini, para pemilik sapi akan memperebutkan hadiah taruhan. Perayaan besar karapan sapi diselenggarakan sekali dalam setahun untuk Piala Presiden, sedangkan untuk Piala Bupati sebanyak dua kali dalam setahun.

Acara tersebut tidak hanya menarik bagi penonton karena menyaksikan adu ketangkasan sapi namun juga perlombaan yang dinanti-nanti para fotografer karena mengandung nilai artistik tinggi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Tags :


Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro