Bambu mendominasi interior rumah/Bisnis.com-Azizah Nur Alfi
Fashion

INTERIOR RUMAH: Pesona Bambu & Tips Merawatnya

Azizah Nur Alfi
Sabtu, 31 Oktober 2015 - 11:46
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Bambu memiliki keunggulan sebagai material interior rumah, dibanding kayu dan rotan.

Dengan proses kreatif, bambu rupanya dapat diolah menjadi interior yang cantik mulai dari tableware hingga kerangka lampu.

Sebut saja, produk dari Amygdala Bamboo yang bekerja sama dengan pengrajin bambu di Limbangan Garut dan Palas Table Lamp karya Ilhamia Nuantika.

Amygdala mengembangkan material bambu menjadi produk kerangka dan instlasi lampu dan tableware. Desainer Produk Amygdala Bamboo Harry Mawardi mengatakan bambu memiliki karakter yang lentur dan cenderung bergelombang.

Karakter ini justru menguntungkan karena dapat menciptakan lebih banyak ragam bentuk interior. Dibanding kayu dan rotan, bambu lebih tipis sehingga lebih fleksibel untuk dibentuk.

Bentuk yang beragam ini dapat memberi efek berbeda pada konsep ruangan. Harry menunjukkan ragam desain kerangka dari bambu akan menghasilkan cahaya yang mengikuti bentuk kerangkanya.

Penghuni rumah dapat memainkan cahaya melalui kerangka lampunya untuk menciptakan atmosfer yang berbeda pada suatu ruang. Penghuni juga bebas mengatur gelap terang cahaya yang ingin dihasilkan dan bayangan dari setiap sisi.

Meski begitu tidak dapat dipungkiri, material bambu memiliki kelemahan yakni lebih rentan dengan cuaca, dibandingkan kayu dan rotan. Karakter bambu yang demikian membutuhkan treatment ekstra. Namun, dibalik kelemahan ini justru dapat disiasati sebagai keunggulan sebuah produk interior.

Desainer Produk Ilhamia Nuantika mengangkat Palas Table Lamp yang terinspirasi dari ketupat sebagai makanan khas Asia. Dengan teknik modern, dia menampilkan bambu dengan warna yang lebih menyala dan mengekspos serat bambu.

"Saya ingin mengangkat kembali bambu. Dari yang sebelumnya terkesan kuno karena warnanya yang agak kusam. Dengan teknik modern, membuat bambu lebih bright dan light. Warnanya juga tetap natural," katanya.

Penggunaan material alam ini akan menciptakan suasana yang lebih natural pada konsep ruangan. Kesan natural ini juga mudah berbaur dalam ruangan. Meski begitu, perlu lebih hati-hati pada penggunaan bambu ini.

"Yang penting tidak terkena air. Jangan letakkan di tempat lembab," katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Tags :


Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro