Ilustrasi/Dailymail-Alamy
Fashion

Tips Menjadi Make Up Artist Yang Sukses

Duwi Setiya Ariyanti
Selasa, 3 November 2015 - 09:57
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA--Perkembangan tren mode akan selalu diikuti dengan tren di bidang kosmetik. Saat desainer mode yang muda bermunculan, begitu pula dengan penata rias. Berikut cara sukses menjadi Makeup Artist.

Makeup Artist Lizzie Parra mengatakan penata rias adalah pekerjaan yang cukup populer saat ini. Menurutnya, pekerjaan ini memperlihatkan prospek yang baik. Pasalnya, kebanyakan orang kini merasa malas ke salon untuk mengubah penampilannya. Alhasil, jasa penata rias yang mendatangi ke rumah klien menjadi pilihan. "Prospeknya lagi naik banget. Kalau dicari aja di Instagram MUA Jakarta I banyak banget karena sekarang orang malas ke salon," ujarnya di Jakarta, belum lama ini.

Di tengah banyaknya makeup artist, bekal yang harus dimiliki yaitu mempersiapkan diri sebaik mungkin. Kekuatan mental harus dipupuk. Hal ini karena, menjadi makeup artist bukanlah pekerjaan yang waktu kerjanya seperti pegawai kantor. Pekerjaan bisa dimulai dini hari. Selain itu, diperlukan pula kemampuan pula untuk memasarkan jasanya dan selalu memiliki rasa untuk ingin terus belajar. "Pertama, harus persiapkan mental. Mental untuk bangun pagi, memasarkan diri dan berusaha terus belajar," katanya.

Setelah itu, matangkan portofolio. Menurutnya, penting untuk memilih bidang dan memiliki gaya signature. Pasalnya, hal inilah yang akan menjadi pembeda sekaligus daya tarik. Selain itu, hal ini akan membuat Anda lebih mudah berkembang karena bisa lebih fokus terhadap bidang dan gaya yang dituju. Ini juga akan menentukan pasarnya. "Mau ke arah yang mana. Biar kita fokus. Ada ke fashion, film atau wedding," katanya.

Lizzie sendiri memulai pekerjaan sebagai penata rias sejak 2011. Mengawali karir sebagai produk eksekutif di sebuah perusahaan di bidang kosmetik pada 2009 membuatnya tertarik. Ditambah, kesukaannya terhadap menggambar bisa berkolaborasi melalui pekerjaan merias wajah. Kemampuannya merias wajah didapatkannya melalui belajar secara autodidak.

Adapun, pada 2011 Aktris Luna Maya adalah selebriti pertama yang diriasnya untuk kepentingan pengambilan gambar di sebuah majalah. "Aku dulu produk eksekutif, kerja di belakang layar. Basic-nya suka gambar. Aku belajar sendiri sampai akhirnya kayak sekarang," katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Tags :


Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro