Taman Nasional Wakatobi di Sulawesi Tenggara/Indonesia Travel
Travel

Nikmati Berbagai Budaya Bahari di Wakatobi Wafe 2015

Dimas Novita Sari
Kamis, 12 November 2015 - 06:06
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Siapkan jadwal Anda pada 22-28 November 2015 untuk menyambangi salah satu tujuan wisata bahari favorit di Tanah Air, yaitu Wakatobi. Pada tanggal tersebut akan digelar Wakatobi Wonderful Festival and Expo (Wakatobi Wave) 2015 dengan menghadirkan berbagai atraksi budaya bahari.

Acara yang merupakan hasil kerja sama antara Kementerian Pariwisata dan Pemerintah Kabupaten Wakatobi itu diharapkan bisa menjadi festival budaya bahari yang menarik. Beragam atraksi kesenian siap ditampilkan seperti lengko, kandadio dan kansoda’a, tari kolosal, serta liwo raksasa Pesona Wakatobi Indonesia.

Selain itu, ada pula kegiatan pendukung lainnya seperti Lomba Foto Pesona Budaya dan Alam Pesisir Wakatobi, Pameran Foto Pesona Budaya dan Alam Pesisir Wakatobi, Balapan Bodi Batang (perahu bermotor), Parade Parahu Hias, Pagelaran Seni Musik Tradisonal, dan penampilan artis Ibu Kota.

Dikutip dari Wonderful Indonesia, Rabu (11/11/2015), Wakatobi Wave 2015 akan ditutup dengan kegiatan olah raga bahari berupa triathlon yang dimulai dari lomba lari pesisir, berenang dan panjang tiang perahu di atas laut.

Kabupaten Wakatobi merupakan salah satu dari 18 Kabupaten Kota yang ada di Provinsi Sulawesi Tenggara. Selain keindahan bawah laut, Wakatobi juga sangat kaya dengan budaya lokal. Nama Wakatobi merupakan akronim dari nama empat pulau besar dan berpenghuni di Wakatobi meliputi Wangi-Wangi (Wa), Kaledupa (Ka), Tomia (To) dan Binongko (Bi). 

Wilayah Kabupaten Wakatobi didominasi oleh laut yang mencapai 97% dan daratannya hanya seluas 3% dari total luas wilayah ± 19.200 km2 . Oleh karena itu, potensi sumber daya alam unggulan daerah itu ialah kelautan, perikanan dan sektor pariwisata bahari. Adapun daerah yang paling banyak dikunjungi adalah Pulau Hoga yang memiliki keindahan alam baik darat maupun bawah lautnya. 

Untuk bisa sampai di Wakatobi, Anda bisa menggunakan jalur udara Makassar-Kendari-Wakatobi. Tersedia pula sarana transporasi laut yang dapat ditempuh baik dari jalur Kendari-Wakatobi maupun Baubau-Wakatobi.

Wakatobi Wave 2015 diharapkan mampu mendukung pencapaian kunjungan wisatawan mancanegera yang ditargetkan sebanyak 12 juta wisman pada 2015. Selain itu, juga demi menggerakkan perekonomian masyarakat setempat karena pembelanjaan wisatawan yang langsung kepada masyarakat setempat

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Tags :


Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro