Referensi

BUKU: Cara Mudah Edit Foto

Ipak Ayu H Nurcaya
Minggu, 3 Januari 2016 - 13:35
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Fotografi sekarang ini telah menjadi hobi yang menjamur di masyarakat. Bagi sebagian masyarakat, hobi ini hanya dijadikan sebagai kegiatan mengisi waktu luang yang mengasyikan, tetapi tak jarang juga yang sudah menjadikannya sumber penghasilan.

Apapun tujuan dari fotografi ini, pasti setiap orang ingin mendapatkan hasil yang terbaik. Dalam seni fotografi, untuk dapat menghasilkan foto yang indah banyak hal yang harus diperhatikan. Dari mulai pengaturan kamera, komposisi, lighting hingga editing yang akan sangat memengaruhi hasil akhir dari jepretan.

Setiap fotografer biasanya mempunyai trik yang berbeda-beda dalam melakukan berbagai pengaturan tersebut. Perbedaan inilah yang akhirnya melahirkan keanekaragaman dalam gaya fotografi.

Dari berbagai gaya fotografi, beberapa gaya yang saat ini sangat digandrungi oleh banyak orang yaitu soft tone, hi saturation & glowing, dan hi contras. Masing-masing gaya dieksekusi dan diedit dengan cara berbeda.

Fotografer Fery Hendrawan membahas satu per satu teknis eksekusi dan editing dari masing-masing gaya di atas. Fery menumpahkan hasil keahliannya dalam buku terbaru yang berjudul Rahasia Lighting & Editing.

Dia memilih software Photoshop CS3 untuk menjabarkan teknik mengedit hasil gambar yang diperoleh agar lebih bernilai seni. Buku setebal 77 halaman ini membagi pembahasan ke dalam lima bab.

Bab pertama adalah tentang komposisi. Belajar komposisi, menurut Fery dapat diartikan sebagai belajar menyusun unsur-unsur dalam gambar. Unsur tersebut mencakup garis, bentuk, wujud, tekstur, pola, dan warna. Dengan komposisi yang tepat, foto akan menjadi lebih menarik.

Selanjutnya, fotografi juga dapat diartikan sebagai seni melukis cahaya. Dalam fotografi, cahaya merupakan unsur terpenting dalam melakukan pemotretan. Setiap sumber cahaya dalam fotografi disebut lighting.

Fery mengupas seluk-beluk teknik menggunakan lighting saat pemotretan dalam bab keduanya. Teknik yang paling digemari selanjutnya adalah soft tone. Banyak versi dan nama untuk tone tersebut. Ada yang menyebutnya dengan pastel look, vintage atau retro dan lainnya.

Bab ketiga buku Fery membahas cara membuat foto dengan soft tone melalui metode eksekusi dan editing.

Sementara itu, pada bab keempat dibahas mengenai salah satu teknik editing yang juga sedang berkembang dan baru dalam dunia fotografi, yaitu tentang hi saturation & glowing.

Sebetulnya istilah hi saturation & glowing untuk teknik editing ini belum baku dan banyak yang menyebut dengan istilah lain. Aliran ini ditandai dengan kuatnya saturation warna yang diberikan.

Efeknya terlihat dramatis atau lebih bersinar. Hal ini karena teknik tersebut menyuguhkan permainan warna kuat yang dikombinasi kan dengan warna gelap sehingga akan menyala dalam hasil foto.

Pada bab terakhir, yaitu kelima, dibahas tentang high contrast, yang dalam fotografi dapat didefinisikan sebagai foto yang mempunyai kontras tinggi. Teknik ini menekankan pada perbedaan eksposure tinggi atau ekstrem.

Foto high contrast biasanya mengandung unsur terang gelap yang signifikan. Tujuan dari teknik ini untuk menguatkan karakter ataupun rasa dari satu objek.

Dalam buku ini, setiap penjelasannya dipaparkan secara detail dengan gambar dari software Photoshop CS3. Hal tersebut dimaksudkan agar pembaca dapat dengan mudah mengaplikasikannya secara langsung.

Fery juga tidak melupakan detail penjelasan setiap langkah dalam editing agar hasilnya tidak berlebihan karena akan merusak nilai seni.

Selamat bereksplorasi mengedit foto Anda!

  • Judul Buku : Rahasia Lighting & Editing
  • Penulis : Fery Hendrawan
  • Penerbit : PT Elex Media Komputindo, Jakarta
  • Edisi : Pertama, 2015
  • Halaman : 77
  • ISBN : 978-602-02-5591-0

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Editor : Fatkhul Maskur
Bagikan

Tags :


Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro