Penjualan/sales20conf.com
Referensi

Tips Agar Sukses Menjadi Penjual

Ipak Ayu H Nurcaya
Kamis, 7 Januari 2016 - 08:57
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Iwan Yenanto, mantan salah satu kepala cabang Bank Bali yang kini bekerja penuh sebagai agen asuransi di Toronto, Kanada membagi ilmu sukses menjadi penjual dalam buku terbarunya yang berjudul Breaking Your Sales Record Sales Mindset.  

Menurutnya menjadi tenaga penjual menempatkan diri pada jalur pengembangan karir relatif lebih cepat. Hal ini dikarenakan terdapat peluang bahwa kinerja dengan cepat tampak terukur melalui omzet penjualan yang berhasil dibukukan dalam periode sekarang.

Bagaimanapun juga total sales portofolio yang berhasil dicapai menjadi alat ukur utama prestasi bila ditempatkan dijajaran armada penjualan. Sebab penjualan merupakan fungsi utama dalam bisnis perusahaan yang bertujuan menghasilkan pendapatan bagi perusahaan guna menjamin keberlangsungan pertumbuhan perusahaan.

Tenaga penjualan pada hakikatnya adalah wirausaha yang berada dalam struktur organisasi sehingga kemandirian sangat berperan dalam menentukan langkah maju sebuah bisnis. Paling penting yang harus dimiliki tenaga penjualan menguasai pola pikir penjualan.

Kekuatan pola pikir penjualan (sales mindset) merupakan kekuatan energi yang akan membawa menuju perjalanan karir penjualan berjangka panjang sebagai tenaga penjualan yang tangguh dan berorientasi pada hasil nyata. Hasil nyata tentu berupa omzet penjualan yang mencapai target penjualan atau bahkan melebihi besaran target penjualan yang dicanangkan perusahaan.

Dalam keseharian tenaga penjualan tersebut, tugas dan pekerjaan perlu mendapatkan dukungan dari rekan sekerja yaitu kolega yang berguna sebagai perbandingan. Apakah tenaga penjualan tersebut berada di kelompok tenaga penjualan paling produktif, rata-rata atau berada dalam posisi bantuan sales coaching and counselling seandainya berada dalam kelompok terbawah dalam kinerja penjualan.

Dalam buku yang memeiliki tebal 110 halaman tersebut dikatakan boleh saja menjadi tenaga penjualan yang mandiri dengan memiliki pola pikiran penjualan yang efektif membantu mencapai tujuan. Namun, peranan supervisior atau atasan langsung juga memiliki faktor yang tidak bisa dikesampingkan.

Fungsi dari supervisior tersebut adalah mendampingi, membimbing dan memastikan bahwa secara konsisten berada dalam jalur produktif yang ideal. Menempatkan posisi sang penjual tersebut sebagai pemegang kunci dalam kegiatan menjual.

Selain itu ada satu kunci yang harus menjadi pedoman para tenaga penjualan yakni hukum keteguhan. Hukum tersebut berarti situasi yang merangsang tenaga penjualan untuk mengulang keberhasilan mencapai target penjualan, mengulangnya lagi dan mengulangnya kembali.

Hukum keteguhan juga berarti seberapa liat kebulatan tekad tenaga penjualan mempertahankan posisi mereka dalam jenjang tangga sebagai top sales performers. Dengan demikian setiap kinerja para tenaga penjualan memiliki ukuran yang pas dan tidak sia-sia dalam setiap usaha yang dilakukannya.

Penulis menekankan pada intinya kunci keberhasilan mulai dari rekor skala kecil hingga pencapaian fenomenal sekali pun bersumber pada sesuatu yang sama yakni kekuatan pola pikiran. Semakin besar energi kekuatan pola pikiran sesorang, semakin besar potensi keberhasilan akan tercapai. Terakhir, tenaga penjualan unggulan harus senantiasa memberdayakan ketiga sumber daya hakiki yaitu pola pikiran, pengetahuan dan keterampilan atau kecakapan.

Buku ini menarik disimak, penulis menggunakan ilustrasi cerita sehari-hari serta berbagai tips menjual yang bermanfaat bagi pembaca. Selamat membaca!

Judul Buku: Breaking Your Sales Record Sales Mindset

Penulis: Iwan Yenanto

Penerbit: PT Edcore Indonesia, Jakarta

Edisi: Pertama, 2015

Halaman: 110 Hal.

ISBN: 978-602-73003-1-6

 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Tags :


Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro