Sejumlah pasien penderita demam berdarah dengue (DBD) menjalani perawatan di RSUD Ungaran, Kabupaten Semarang, Jawa Tengah, Kamis (4/2). /Antara
Health

Pelajar Paling Rentan Tertular Demam Berdarah Dengue

Lili Sunardi
Senin, 14 Maret 2016 - 20:29
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Anak usia pelajar sekolah menjadi yang paling rentan terserang demam berdarah dengue (DBD) di seluruh wilayah Indonesia.

Kementerian Kesehatan mencatat anak dengan usia 5-14 tahun menjadi yang paling banyak terserang DBD pada periode Januari-Februari 2016. Sekitar 42,72% dari total penderita DBD yang mencapai 13.219 orang adalah anak dengan usia 5-14 tahun.

“Porsi yang paling banyak mengalami DBD di Indonesia adalah anak dengan usia 5-14 tahun yang mencapai 42,72%, dan kelompok usia 15-44 tahun mencapai 34,49%,” kata Oscar Primadi, Kepala Biro Komunikasi dan Pelayanan Masyarakat Kementerian Kesehatan di Jakarta, Senin (14/3/2016).

Oscar menuturkan, sebanyak 137 orang meninggal dunia karena DBD selama Januari-Februari 2016.

Dia meminta agar pihak sekolah meningkatkan aktivitas fisik belajarnya pada pukul 09.00-10.00 WIB. Pasalnya, pada saat itu nyamuk Aedes aegypty beraktivitas dan menggigit manusia.

Kejadian DBD di Indonesia memang cenderung meningkat pada pertengahan musim penghujan pada Januari, dan mulai mengalami penurunan pada Februari hingga penghujung tahun.

Kementerian Kesehatan juga belum menemukan kasus baru penderita DBD pada periode Maret 2016. Meski demikian, masyarakat harus tetap waspada DBD dengan menjaga kebersihan lingkungannya, dan memantau tempat penampungan air.

 

 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Lili Sunardi
Editor : Nancy Junita
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro