Ilustrasi: Anak bermain gadget
Health

Video Game Juga Ternyata Baik Untuk Kesehatan Anak-anak

Atiqa Hanum
Jumat, 1 April 2016 - 14:31
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA— Anggapan masyarakat pada video game kadang memberikan efek negatif pada kesehatan yang memainkannya. Namun, ahli kesehatan anak Tom Baranowski berpendapat berbeda bahwa video game bisa bermanfaat untuk kesehatan jika dipilih dengan bijaksana.

Tom menulis hasil studinya yakni Video Game for Health (G4H) yang berjudul “Games for Health for Children—Current Status and Needed Research”.

"Telah terbukti ada permainan untuk kesehatan yang bisa mencegah atau mengobati obesitas, mengurangi stress, mencegah merokok dan lainnya pada anak-anak. Penelitian ini menawarkan jalan keluar untuk kegiatan yang perlu dilakukan agar bermanfaat pada potensi sebagai obat atau pencegah sakit," katanya seperti yang dikutip timesofindia.com, Jumat (1/4/2016).

G4H merupakan suatu inovatif dimana tercipta metode baru yang berpotensi sangat efektif untuk mengubah perilaku dan mempengaruhi hasil kesehatan pada anak-anak. Penelitian lebih lanjut, perlu adanya definisi pedoman yang diperlukan untuk desain game, serta menentukan penggunaan yang optimal, dan meminimalkan kemungkinan efek yang merugikan.

Selain itu, dalam penelitiannya Tom juga memaparkan desain game yang bermanfaat mengubah perilaku tertentu dan faktor yang berhubungan dengan kesehatan seperti mengurangi kecemasan sebelum operasi, mempromosikan aktivitas fisik, atau mendidik tentang kesehatan.

Artikel ini menekankan kebutuhan untuk mengatasi biaya dan hambatan teknologi yang bisa menghalangi akses ke G4H dan mengusulkan perlunya pedoman untuk anak-anak, orang tua, pendidik, dokter, pembuat kebijakan, dan teknologi yang berkaitan dengan waktu layar dan pengembangan game itu sendiri.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Atiqa Hanum
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro