Mewujudkan Bentuk Badan Ideal Lewat Street Workout

Hampir setiap orang mendambakan bentuk tubuh ideal. Salah satu jalan untuk mencapainya adalah dengan berolahraga.
Tisyrin Naufalty Tsani | 17 Mei 2016 11:55 WIB
Komunitas. - streetworkoutindonesia.com

Bisnis.com, JAKARTA—Hampir setiap orang mendambakan bentuk tubuh ideal. Salah satu untuk mencapainya adalah dengan berolahraga. Bagi Anda yang mendambakan tubuh ideal, tak ada salahnya mencoba street workout.

Street workout adalah olahraga yang bertujuan melatih kekuatan otot dan dilakukan di ruang terbuka dengan peralatan seadanya.

Bentuk latihan pada street workout yaitu calisthenics (pull up, push up, dips, muscle up, leg raise, dan lain-lain). Ada pula beberapa tambahan lainnya.

Agar lebih bersemangat latihan, tak ada salahnya bergabung dengan komunitas. Saat ini, komunitas street workout tak hanya terlihat tumbuh di Jakarta, tetapi juga bermunculan di daerah

Komunitas Solosthenics Street Workout misalnya, meski baru berdiri awal 2015, anggotanya kini sudah mencapai 50-an orang. Menurut Perwakilan Komunitas Solosthenics Street Workout Subhi Al Rizki komunitas tersebut bermula dari ide isengnya bersama teman-teman.

Dia mencari olahraga apa yang mampu menciptakan bentuk badan ideal tetapi bisa di lakukan di mana saja dan kapan pun. “Saya ingin merubah bentuk badan saya sendiri supaya ideal dan bagus, ketika itu saya mengetahui tentang olahraga street workout karena melihat-lihat di Youtube,” katanya kepada Bisnis.

Selain itu, dia menemukan bahwa komunitas street workout sudah ada di beberapa daerah. Subhi bersama rekan-rekannya kemudian mendirikan Komunitas Solosthenics Street Workout pada17 Februari 2015.

Kegiatan rutin mereka adalah latihan sore hari di Stadion Manahan Solo, dari pukul 16.00 WIB sampai dengan selesai. Latihan berjalan setiap hari Senin sampai Sabtu, kemudian pada Minggu pagi biasanya mereka mengikuti car free day.

Latihan dibedakan dalam beberapa tingkatan, termasuk tingkatan khusus untuk para pemula. “Bimbingan dilakukan oleh yang sudah lama,” katanya.

Baginya, keuntungan yang dia peroleh dari street workout adalah badan menjadi lebih sehat dan bentuk badan menjadi lebih ideal.

Sementara bagi David Maulana yang mewakili Komunitas Street Workout Bargoras Padang dan Barandals Street Workout, motivasinya menggeluti street workout karena dia ingin menjalani hidup sehat. Setelah hampir satu tahun, dia pun merasakan hasil yang lumayan

“Badan saya lebih berotot, perut tidak buncit,” katanya. Street workout merupakan olahraga alternatif untuk membentuk tubuh ideal tanpa harus pergi ke gym.

Bagi para memula, beberapa tips agar mendapatkan hasil yang memuaskan di antaranya mereka harus memiliki keinginan untuk hidup sehat, tak bosan untuk latihan, disiplin dan berani mencoba. Selain itu harus punya target dalam membentuk badan agar lebih rajin latihan.

Nah kalau ikut komunitas sudah ada jenis-jenis latihannya. Jadi setiap hari itu metode latihannya berbeda. Jadi lebih terarah,” katanya.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
olahraga

Editor : Fatkhul Maskur

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top