Entertainment

Sukses Jadi Manajer Artis, Sulung Landung Kini Rambah Terbitkan Buku

Azizah Nur Alfi
Kamis, 11 Agustus 2016 - 11:52
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Pendiri Avatar88, sebuah manajemen artis, Sulung Landung kembali menerbitkan buku yang mengupas seputar pengalamannya sebagai manajer artis. Buku berjudul Artist Management 101 Part 2: Kisah Di Balik Panggung Hiburan resmi diluncurkan, Rabu (10/8) di Gramedia Central Park Jakarta.

Buku Artist Management 101 Part 2: Kisah Di Balik Panggung Hiburan merupakan buku kedua Sulung. Buku pertamanya berjudul Artist Management 101: Jalan Panjang Lahirkan Bintang terbit pada 2012.

Di Indonesia, kata Sulung, talent manager adalah profesi yang tidak memiliki ukuran kesuksesan yang pasti. Belum ada institusi, sekolah, atau seminar yang membuka program khusus talent manager. Oleh karena itu, profesi ini adalah profesi learning by doing, yang tak pernah memiliki titik akhir dan sangat membutuhkan kemauan untuk terus belajar serta keuletan.

"Menjadi manager artis adalah pekerjaan yang butuh ketekunan, dedikasi, profesionalitas," katanya.

Sulung mengatakan buku ini merupakan betuk dharmanya terhadap industri hiburan. Menulis sebuah buku yang berisi pengalaman, perjuangan, suka duka, dan jatuh bangun sebagai manager artis merupakan keinginannya sejak lama. Dia berharap buku ini tidak hanya berguna bagi talent manager saja, tetapi juga akan berguna bagi pihak-pihak lain yang berkecimpung di industri hiburan.

Sulung Landung telah berkecimpung di dunia hiburan selama 16 tahun, dengan mengawali karier sebagai seorang runner. Ia kini mengelola Avatar88, manajemen artis yang ia dirikan bersama rekan-rekannya. Tidak hanya mengelola artis (aktor dan aktris), talent management bentukannya ini memiliki jangkauan yang lebih luas dengan mengelola sutradara, presenter, serta musisi. Beberapa talent Avatar88 seperti Dian HP, Cathy Sharon, Julie Estelle, Ben Joshua, Sigi Wimala, Dion Wiyoko, Vino G Bastian, Aline Adita, Upi, Nicholas Saputra, Adinia Wirasti, dan lain lain.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Tags :


Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro