Chelsea Olivia dan Glenn Alinskie menikah di Gereja Katedral Jakarta Pusat, Kamis (1/10/2015)/Instagram
Health

Menurut Pakar, Menikah Bikin Wanita Tetap Langsing

JIBI
Rabu, 21 September 2016 - 15:07
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA – Ada pendapat bahwa seseorang, terutama wanita, apabila telah menikah dan memiliki anak, tubuhnya akan menjadi gemuk. Tapi, tidak demikian pendapat para pakar di Universitas Yokohama City, Jepang. Menikah justru membuat perempuan tetap langsing.

Sebuah penelitian yang dilakukan terhadap para penderita diabetes tipe 2 menunjukkan, mereka yang melajang memiliki kemungkinan dua kali lipat menjadi gemuk dibanding yang menikah.

Para peneliti juga menyatakan kemungkinan laki-laki mengalami sindrom metabolisme kombinasi dari diabetes tipe 2, tekanan darah tinggi, obesitas yang merusak pembuluh darah, dan masalah ini tak terjadi pada wanita.

Menurut para pakar itu, suami atau istri yang hidup bersama adalah bentuk paling fundamental dalam dukungan sosial setiap manusia. Para dokter juga sepakat menikah membantu membangun kehidupan yang lebih sehat.

Dan menurut para ilmuwan itu, orang-orang yang terikat hubungan cinta lebih mungkin untuk makan yang sehat, menjalani pengobatan, dan pergi ke dokter bila sedang sakit. Para pakar tersebut meneliti 270 penderita diabetes tipe 2 dengan usia rata-rata 65 tahun, 180 di antaranya berstatus menikah dan sisanya melajang.

Mereka mengukur tinggi dan berat badan para peserta, menghitung indeks masa tubuh (BMI) dan kandungan lemak dalam tubuh. Dibanding para peserta yang lajang, mereka yang menikah hanya berisiko 50 persen mengalami obesitas.

Kadar lemak mereka yang menikah juga lebih sedikit, rata-rata 18,9 kilogram, dibanding yang tidak menikah, yakni 23,5 kilogram. Pria yang menikah juga diklaim 58 persen tidak terkena sindrom metabolisme dibanding yang membujang.

Penelitian serupa sebelumnya pernah dilakukan oleh tim dari Universitas Anglia Timur di Inggris. Hasilnya, mereka yang menikah lebih kecil kemungkinan terkena serangan jantung. Kemungkinan orang menikah mengalami serangan jantung 14 persen lebih rendah dibanding yang melajang.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : JIBI
Editor : Nancy Junita
Sumber : Tempo.co
Bagikan

Tags :


Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro