Ilustrasi/Parade
Health

Bahan Kimia pada Kosmetik Bisa Bikin Menopause Dini

JIBI
Jumat, 25 November 2016 - 10:48
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Kosmetik adalah teman bagi setiap wanita untuk mempercantik diri. Namun, hati-hati dengan penggunaan produk kecantikan karena kandungan bahan kimianya bisa menimbulkan menopause dini.

Penelitian yang dipimpin Dr. Amber Cooper dari bagian obstetri dan ginekologi di Universitas Washington di St. Louis menemukan fakta paparan bahan kimia dapat mendorong menopause lebih dini, bahkan sampai empat tahun lebih awal.

Cooper dan timnya mempelajari 31.575 perempuan yang terdaftar dalam Survei Kesehatan dan Gizi Ujian Nasional yang dilakukan oleh pemerintah. Setiap dua tahun, perempuan ini disurvei tentang berbagai masalah kesehatan dan gizi, termasuk apakah mereka mulai menopause.

Tiap peserta juga disediakan setidaknya satu sampel darah dan urine. Para ilmuwan menganalisis keberadaan berbagai bahan kimia, termasuk dioksin yang terkandung dalam pestisida serta phthalates yang ditemukan dalam plastik, kosmetik, dan hair spray.

Hasilnya, para peneliti menemukan bahwa wanita yang terpapar bahan kimia tersebut rata-rata mengalami menopause lebih awal. Untuk memastikan hal ini, Cooper dan timnya melakukan analisis lain, termasuk dengan mereka yang lebih dekat dengan menopause, antara usia 45-55 tahun.

"Ini adalah puncak gunung es dan kita perlu melakukan penelitian lebih jauh untuk lebih memahami bahan-bahan kimia ini," ujar Cooper.

Penelitian sebelumnya telah menghubungkan bahan kimia tertentu untuk gangguan hormon reproduksi, termasuk estrogen yang memiliki efek tidak sehat pada jantung dan tulang. Cooper menyarankan pasiennya untuk menjadi lebih sadar potensi sumber paparan, termasuk plastik dalam kemasan makanan.

"Tujuan saya tidak menakut-nakuti perempuan, tetapi untuk meningkatkan kesadaran mereka dan mendorong penelitian masa depan," papar Cooper, seperti dilansir Health.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : JIBI
Editor : Nancy Junita
Sumber : Tempo.co
Bagikan

Tags :


Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro