Sejumlah warga mengunjungi lokasi perayaan Pasar Imlek Semawis di kawasan Pecinan, Semarang, Jawa Tengah, Selasa (24/1). Acara yang digelar secara rutin oleh masyarakat keturunan Tionghoa setempat dalam merayakan Tahun Baru Imlek tersebut berlangsung hingga Kamis (26/1) dengan mengambil tema Obar Abir atau berarti warna-warni yang mengingat persatuan Bangsa Indonesia di tengah keberagaman yang ada. ANTARA FOTO/Aditya Pradana Putra
Travel

Menikmati Nuansa Imlek di Sejumlah Kota

Azizah Nur Alfi
Minggu, 29 Januari 2017 - 06:18
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Sejumlah kawasan dipenuhi dengan nuansa warna merah menyala menyambut perayaan Tahun Baru Imlek pada Sabtu (28/1). Mal, hotel, hingga restoran juga tak lupa bersolek untuk menyambut perayaan serupa. Kelenteng tak hanya menjadi tempat peribadatan, tetapi juga ramai dikunjungi warga yang ingin sekadar berwisata.

Lantas, bagaimana perayaan Imlek 2017 yang digelar di sejumlah kota. Dihimpun dari laman Wonderful Indonesia, berikut sejumlah perayaan Imlek di beberapa kota:

1. Festival Cap Go Meh Singkawang 2017
Perayaan Cap Go Meh selalu meriah di Singkawang, bahkan bisa dibilang yang paling meriah di antara daerah lain di Indonesia. Potret perayaan Cap Go Meh di Singkawang diramaikan dengan pertunjukan barongsai, ular naga, choi lam shin atau keranjang jelangkung dan yang paling istimewa adalah atraksi tatung. Para tatung dirasuki oleh roh leluhur mereka sehingga di bawah alam sadar, mereka mempertunjukkan ilmu kesaktiannya seperti menusuk pipi, kebal dengan senjata tajam, hingga aksi mengupas kelapa dengan gigi. Puncak perayaan ini diselenggarakan pada 11 Februari di kawasan Pasar Hongkong, Kota Singkawang, Provinsi Kalimantan Barat.

2. Pasar Imlek Semawis 2017
Di Pasar Semawis, Anda akan merasakan atmosfer Imlek yang sangat kental. Tidak hanya dari bangunan-bangunan tua yang berjajar di sisi kanan dan kiri jalan tapi juga pernak-pernik Imlek dan kuliner khas lokal maupun peranakan yang bisa didapat di sepanjang Jalan Gang Warung, Kecamatan Semarang Tengah. Kuliner yang bisa Anda nikmati antara lain nasi ayam, aneka macam kue dan bubur, nasi pindang, aneka sate, babat gongso, nasi babat, bakmi, hingga kuliner berbahan dasar babi. 

3. Festival Kuliner Imlek 2017 di Jakarta
Khasnya makanan peranakan Indonesia dan makanan legendaris bisa Anda cicipi di Festival Kuliner Imlek 2017 yang diselenggarakan di Main Atrium Mall Ciputra Jakarta pada 11 Januari-5 Februari. Acara ini bisa menjadi rekomendasi buat Anda yang ingin merasakan euforia Imlek namun tidak dapat bepergian keluar ibukota.

4. Cap Go Meh (CGM) Bogor Street Festival 2017
Saksikan beragam pertunjukan seni budaya etnis Tionghoa di acara Cap Go Meh (CGM) Bogor Street Festival 2017 yang diselenggarakan pada 11 Februari di Bogor, Jawa Barat. Acara ini akan melibatkan sedikitnya 2500 peserta pawai dari berbagai komunitas dan sanggar seni, serta dihadiri puluhan ribu penonton dari Jakarta dan Bogor, daerah-daerah lain di Jawa Barat, Jawa Tengah hingga Jawa Timur.

Puluhan ribu orang dari berbagai kalangan tumpah ruah di sepanjang Jl. Suryakencana untuk menyaksikan CGM Bogor. Perhelatan tahunan ini mengambil tagline “CGM, Cap Go Meh-Pesta Rakyat Bogor (Bogor Street Festival) Ajang Budaya, Pemersatu Bangsa” karena pada hari tersebut, indahnya perbedaan dalam keberagaman akan tercermin secara jelas.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Tags :


Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro