Ini 8 Event Penting Selama Singapore Design Week 2018

Untuk kelima kalinya sejak 2012, Design Singapore Council (Dsg) Singapura kembali menggelar Singapore Design Week (SDW) 2018. Apa yang baru dari perhelatan tahunan rutin tersebut?
Ropesta Sitorus | 17 Maret 2018 20:18 WIB
Empat desainer Indonesia bersama karya busana yang akan dipamerkan di Dubai Modest Fashion Week 2017 yang ditampilkan dalam sesi konferensi pers di kawasan Menteng, Jakarta Pusat, Kamis (30/11/2017). - Bisnis.com/ Ramdha Mawaddha

Bisnis.com, JAKARTA –  Untuk kelima kalinya sejak 2012, Design Singapore Council (Dsg) Singapura kembali menggelar Singapore Design Week (SDW) 2018. Apa yang baru dari perhelatan tahunan rutin tersebut?

Bulan desain Singapura yang berlangsung sejak 5 – 18 Maret 2018 itu menawarkan aneka rangkaian kegiatan menarik bagi masyarakat lokal maupun para pemerhati industri kreatif yang berkunjung.

Berikut ini highlight 8 event penting yang patut dikunjungi dalam SDW 2018:

  1. Brainstorm Design. Tim editor dari tiga majalah besar Fortune, Time, dan Wallpaper* menghadirkan lebih dari 60 pembicara ternama dari kalangan pemimpin bisnis, dan industri desain serta pembuat kebijakan umum untuk mendiskusikan bagaimana peran desain dapat mengembangkan bisnis, meningkatan kestabilan serta meningkatkan keterkaitan komunitas dan memperkaya kualitas kehidupan manusia. Sejumlah pembicara juga akan terlibat dalam rangkaian event lainnya demi memperluas dampak dari Brainstorm Design, termasuk pelajar dan mahasiswa di bidang desain.
  2. SingaPlural 2018.  Event pameran yang digelar di National Design Centre (NDC) berlangsung 5-18 Maret 2018 itu merupakan kegiatan utama SDW. Acara ini diorganisir oleh Singapore Furniture Industries Council (SFIC) dan didukung Dsg, serta dikurasi oleh studio desain Produce. Sejumlah insan kreatif seperti Gabriel Tan Studi dan Trigger Design, dan perusahaan ternama global antara lain Ewins, Formica dan Kvadrat memamerkan karya instalasi sebagai hasil eksplorasi terhadap konsep “Play” sebagai bagian dari tahap penting sebelum proses kerja desain dimulai.
  3. Pameran Wallpaper* Handmade 2018. Bekerjasama dengan Dsg, Wallpaper* menghadirkan showcase spesial karya 7 desainer asal Singapura yang dipamerkan ke publik untuk pertama kalinya pada 8 Maret di Gillman Barracks. Selanjutnya, karya handmade tersebut akan diboyong dalam pameran di Milan Design Week pada April depan.
  4. International Furniture Fair Singapore (IFFS). Pameran produk furnitur tahunan yang telah berlangsung sejak 1981 itu, untuk pertama kalinya menggandeng Chantal Hamaide - pendiri majalah desain Intramuros di Prancis – sebagai kurotor showcase yang disebut Carte Blanche di IFFS. IFFS membidik lebih dari 20.000 pembeli dan pengunjung dari sekitar 100 negara. 
  5. The City Ramble Design Trails. Program ini merupakan trail atau tur bersama pemandu ke tempat-tempat bersejarah di Singapura yang memiliki nilai arsitektur dan kekayaan budaya. Acara ini digelar oleh Dsg bersama National Heritage Board (NHB) Singapura.
  6. Market of Artists and Designers (MAAD) di I Light Marina Bay. Dalam acara yang didukung oleh Dsg dan Urban Development Authority (URA) ini ada pertunjukan dari sekitar 50 pelaku industri kreatif dari Singapura, Hong Kong, Jepang, Taiwan dan Malaysia serta lebih dari 10 instalasi seni, desain dan kerajinan.
  7. Peranakan : Heritage, Culture & Identity oleh Ipse Ipsa dan Ipsum. Merek desain asal Singapura, Ipse Ipsa dan Ipsum kembali meluncurkan koleksinya untuk 2018 yang merupakan kolaborasi antara Jeremy Sun, Saurabh Mangla, dan Nicholas Paul. Showcase tersebut mengekplorasi kekayaan budaya, sejarah dan identitas Peranakan dalam konteks modern.
  8. The City Ramble Heritage Tour. Para pakar desain dan budaya akan memandu tur ke tiga situs bersejarah yang kaya nilai budaya dan arsitektur. Pengunjung akan mendapatkan kesempatan untuk menggali bagaimana bisnis, masyarakat dan pelaku usaha ikut membentuk lanskap kota di Singapura. Jangan lewatkan pengalaman dan kesempatan menggali kisah di balik tiga bangunan tersebut dan upaya yang dilakukan agar kekayaan sejarah dapat tetap hidup selaras dengan modernitas kota di Singapura.

Tag : singapura
Editor : Sutarno

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top