7 Bahasa Tubuh yang Membuat Anda Terlihat Arogan

Dalam perjalanan karier, Anda harus lebih peduli terhadap gestur atau bahasa tubuh Anda. Hal ini penting dilakukan karena orang lain cenderung menilai melalui bahasa lisan maupun bahasa tubuh.
Tika Anggreni Purba | 25 Januari 2019 06:11 WIB
Ilustrasi - Pinterest

Bisnis.com, JAKARTA - Dalam perjalanan karier, Anda harus lebih peduli terhadap gestur atau bahasa tubuh Anda. Hal ini penting dilakukan karena orang lain cenderung menilai melalui bahasa lisan maupun bahasa tubuh.

 Ternyata, ada beberapa bahasa tubuh yang membuat kita terlihat arogan. Apabila hal ini tidak kita perbaiki, bisa jadi orang lain menilai Anda sebagai orang arogan. Padahal, dalam kenyataannya, Anda hanya sedang tidak sadar dengan gaya bahasa tubuh Anda.

Berikut ini 7 bahasa tubuh yang dapat disalahartikan sebagai gestur arogan dilansir Inc.

1. Menghindari kontak mata

Selama ini Anda mumgkin berpikir bahwa menghindari kontak mata merupakan tanda tidak percaya diri. Padahal sebenarnya seseorang yang menghindari kontak mata dinilai sebagai salah satu gestur arogan. Menghindari kontak mata secara langsung memberi kesan bahwa Anda sombong dan tidak ingin berkomunikasi dengan orang tersebut.

2. Menyilangkan lengan

Dengan menyilangkan tangan di depan dada, Anda akan terlihat sangat tertutup sekaligus juga arogan. Anda dapat kelihatan sedang marah dengan gestur seperti itu.

3. Mengangkat dagu terlalu tinggi

Dagu yang diangkat tinggi boleh-boleh saja untuk menunjukkan kepercayaan diri. Akan tetapi jangan terlalu tinggi sehingga kesannya Anda arogan. Orang tidak menyukai orang lain yang terkesan merendahkan dengan dagu diangkat terlalu tinggi. 

4. Menunjuk-nunjuk 

Menunjuk orang lain dengan jari telunjuk cenderung mengesankan Anda sombong. Dalam situasi apapun hati-hati dengan gestur jari telunjuk Anda. Apalagi jika jari Anda menunjukkan kesan tidak pantas pada bagian tubuh orang lain. Gunakan gestur dengan tangan terbuka ketika berkomunikasi atau dalam presentasi.

5. Mengecek jam terus-menerus

Kalau Anda mengecek jam terus-menerus, Anda dapat terlihat sebagai orang yang tidak sabar. Hal ini juga menandakan bahwa Anda tidak menghargai lawan bicara. Mengecek jam juga menunjukkan Anda sedang bosan dan tidak tertarik sehingga kesannya Anda ingin segera pergi.

6. Menghela napas

Ketika orang lain berbicara dengan Anda, jangan terlalu sering menghela napas. Hal tersebut menunjukkan bahwa Anda tidak tertarik atau bosan terhadap perbincangan itu. Gestur tubuh ini juga menunjukkan penilaian yang buruk terhadap lawan bicara.

7. Tidak memperhatikan ekspresi wajah

Kenali ekspresi wajah Anda di depan cermin. Kadang-kadang kita tidak menyadari bahwa ekspresi wajah kita memberi kesan sombong dan arogan. 

 

 

Tag : inspirasi, Tips Karir
Editor : Nancy Junita

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top