8 Cara Untuk Temukan ‘Passion’

Sudah sering kita dimotivasi untuk mengikuti passion dalam menjalani hidup. Namun, seringkali upaya itu menjadi terhambat karena kita belum menemukan passion itu.
Tika Anggreni Purba
Tika Anggreni Purba - Bisnis.com 24 Januari 2019  |  13:32 WIB
 8 Cara Untuk Temukan ‘Passion’
Ilustrasi - Professionaljourney

Bisnis.com, JAKARTA—Sudah sering kita dimotivasi untuk mengikuti passion dalam menjalani hidup. Namun, seringkali upaya itu menjadi terhambat karena kita belum menemukan passion itu.

Nah, untuk menemukan hasrat dan gairah yang tepat dalam menentukan tujuan hidup, kita bisa mencoba beberapa cara berikut ini:

1. Bertanya pada diri sendiri

Coba tanya pada dirimu tiga pertanyaan yaitu: Topik buku apa yang bisa saya baca lebih dari 500 buku tanpa bosan? Hal apa yang bisa saya lakukan selama lima tahun tanpa dibayar? Hal apa yang akan saya kerjakan apabilla saya punya banyak uang? Jawabannya kemungkinan adalah passion Anda.

2. Passion tidak selalu pekerjaan

Segala hal yang membuat jantungmu berdetak lebih kencang, mungkin adalah bagian dari passion-mu.  Coba pikiran hal-hal yang meembyat Anda senang tanpa memikirkan apakah hal itu akan menghasilkan uang atau tidak.

3. Belajar dari apa yang tidak disukai

Coba daftarkan pekerjaan atau kegiatan yang tidak Anda sukai. Dalam daftar itu Anda akan menemukan kebalikannya yang mungkin saja salah satunya adalah passion Anda.

4. Temukan hal yang Anda bisa tetapi biasa-biasa saja

Walau tidak ahli, setiap orang bisa saja memiliki satu atau dua hal yang bisa dikerjakan dengan cara yang biasa-biasa saja. Katakanlah Anda bisa bernyanyi, cobalah untuk tekuni itu. Atau hal-hal lain yang bisa Anda kembangkan menjadi luar biasa.

5. Lupakan soal momentum

Menentukan passion tidak selalu instan dan Anda bisa berteriak “aha!” Inspirasi bisa saja datang tanpa Anda duga. Passion juga tidak selalu ditemukan dalam momen yang menegangkan dan mengharukan. Anda terkadang menemukannya secara tidak sengaja atau dengan bantuan/bimbingan orang lain.

6. Ingat hobi Anda ketika masih kecil

Apakah Anda hobi memggambar, menari, atau berolahraga pada waktu kecil? Memori masa kecil bisa menjadi jalan untuk menemukan passion ketika dewasa. Anda bisa memikirkan hobi masa kecil itu dengan perspektif yang lebih luas.

7. Menciptakan sesuatu yang baru

Salah satu rahasia menemukan passion adalah menciptakan sesuatu yang baru misaknya bisnis, proyek, atau karya. Ketika Anda menciptakan sesuatu yang baru, Anda sedang menginvestasikan sebuah kegiatan yang bisa jadi menjadi passion Anda.

8. Cobalah memvisualisasikan

Coba bayangkan diri Anda bangun setiap pagi, dengan bergairah untuk berangkat kerja, bersemangat dan penuh antusias untuk melakukan ‘sesuatu’ itu. Aktivitas apa yang Anda bayangkan bisa saja menjadi passion Anda.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
inspirasi

Editor : Mia Chitra Dinisari
KOMENTAR


0   Komentar

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top