Ilustrasi produk halal./Reuters-Darren Staples
Health

Hati-hati, Produk Baik Belum Tentu Halal

Ria Theresia Situmorang
Rabu, 20 November 2019 - 18:09
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA – Berbicara tentang produk, konsumen Indonesia tengah menggandrungi jenis komoditas dengan sertikasi halal, tidak terkecuali dari produk pembersih kulit dan rambut seperti sabun dan sampo.

Praktisi kesehatan islami dan juga Pemilik Rumah Sehat Eliman, Ustaz Febri Sugianto, menyebut sertifikasi halal sangat penting untuk produk pembersih tubuh karena tidak semua produk baik itu halal.

“[Sertifikasi halal] sangat penting karena walaupun dikatakan produk itu baik, kan belum tentu halal,” ujarnya saat ditemui di Menteng, Jakarta Pusat, pada Rabu (20/11/2019).

“Wajib [halal], karena Allah tidak menurunkan sesuatu dari produk yang haram. Jadi, jika ada produk bermanfaat dari sesuatu yang haram itu hanya kelebihan yang setan berikan, bukan Allah yang berikan,” sambungnya.

Dia pun mengapresiasi saat ini Badan Penyelenggara Jaminan Produk Halal di Indonesia jauh lebih ketat dibandingkan dengan di negara lain karena banyak aspek yang diperhitungkan.

“Saya pernah menelusuri misalnya dengan kapsul, itu betul-betul dilihat dari cara penyembelihan dan pengirimannya tidak boleh dengan yang haram,” sambungnya.

Dengan pasar penduduk Indonesia yang mayoritas muslim, sertifikasi halal menurutnya tetap diperlukan meski sekadar produk pembersih kulit.

“Meski hanya sabun luar, tetap harus ditanya [kehalalannya], karena dari sesuatu yang haram itu yang menghambat doa kita. Itu harus yang dijaga,” ujarnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Tags :


Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro