Rambut rontok/huffingtonpost
Health

Penyebab Kerontokan Rambut pada Anak

Mia Chitra Dinisari
Rabu, 11 Desember 2019 - 10:25
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Rambut rontok adalah masalah yang sangat umum di antara orang dewasa yang berusia di atas 50 tahun.

Tapi tahukah Anda bahwa rambut rontok juga terjadi pada anak-anak? Ya, kerontokan rambut pada anak usia 12 tahun dan lebih muda paling sering disebabkan karena kondisi umum yang bisa sembuh sendiri.

Struktur, penampilan, dan jenis rambut berbeda menurut kelompok etnis dan wilayah. Faktor-faktor ini mungkin juga berdampak pada pola rambut rontok.

Satu helai rambut membutuhkan sekitar 2-6 tahun untuk tumbuh, yang disebut fase anagen. Fase ini diikuti oleh fase katagen (2-3 minggu), yang merupakan fase transisi singkat yang menunjukkan akhir pertumbuhan rambut aktif. Tahap selanjutnya adalah fase telogen di mana rambut memasuki periode istirahat dan berlangsung selama 2-4 bulan sebelum rambut rontok dan rambut baru tumbuh.

Sementara 90% folikel rambut berada dalam fase anagen, 10-14% di telogen dan 1-2% di catagen. Dan fase folikel rambut mungkin berbeda di berbagai bagian tubuh.

Rambut rontok atau alopecia pada anak-anak, bisa disebabkan oleh berbagai faktor yang berbeda dengan masalah kerontokan rambut yang berhubungan dengan orang dewasa. Penyebab-penyebab ini adalah sebagai berikut:

1. Telogen effluvium

Ini adalah masalah kerontokan rambut sementara yang terjadi setelah anak memiliki masalah fisik atau emosional, seperti demam atau infeksi, cedera fisik, stres emosional, dan ketidakseimbangan vitamin.

Anak-anak dengan telogen effluvium kehilangan rambut mereka lebih dari apa yang biasanya hilang dalam fase telogen. Jadi alih-alih kehilangan 100 helai rambut sehari, anak-anak dalam fase ini mungkin kehilangan hingga 300 helai rambut sehari.

Dalam kebanyakan kasus, rambut tumbuh kembali dari waktu ke waktu yang dapat memakan waktu 6 bulan hingga 1 tahun.

2. Tinea kapitis

Tinea capitis, juga dikenal sebagai kurap kulit kepala adalah infeksi jamur yang umum dan menular yang menyebabkan ruam merah berbentuk cincin pada kulit kepala. Gejalanya adalah kulit gatal dan teriritasi, demam dan kelenjar bengkak.

Diagnosis dilakukan dengan mengikis sepotong kecil kulit yang terinfeksi dan mengirimkannya ke laboratorium untuk memastikan apa tepatnya. Tinea kapitis biasanya diobati dengan obat antijamur.

3. Traksi alopecia

Ini adalah jenis kerontokan rambut yang terjadi ketika rambut Anda mengalami tekanan yang ekstrem, misalnya mengenakan kepang yang sangat ketat atau memiliki ekor kuda yang kencang untuk jangka waktu yang lama. Hal ini menyebabkan kulit kepala merah gatal dengan bintik-bintik botak atau menipis besar.

Traksi alopecia dapat hilang dengan sendirinya begitu rambut Anda mengalami sedikit tekanan, tetapi menumbuhkan kembali rambut membutuhkan waktu.

4. Alopecia areata

Ini adalah penyakit autoimun yang terjadi ketika sistem kekebalan tubuh mulai menyerang folikel rambut. Ini menyebabkan kebotakan total dan anak-anak mulai kehilangan alis dan bulu mata.

Alopecia areata terdiri dari berbagai jenis yakni Alopecia areata - bercak botak berkembang di kulit kepala anak, Alopecia totalis - semua rambut kulit kepala rontok dan Alopecia universalis - semua rambut tubuh rontok.

Tidak ada obat untuk kondisi ini, tetapi dengan perawatan yang tepat, pertumbuhan kembali rambut dapat terlihat dalam 1 tahun.

5. Trikotilomania

Anak-anak yang terus bermain atau memutar rambut mereka dapat merusak folikel rambut, menyebabkan rambut rontok. Ini biasanya terjadi ketika orang memiliki kecemasan atau gangguan obsesif kompulsif. Gejala-gejala trikotilomania adalah bercak-bercak di kulit kepala dan rambut rusak.

Perawatan untuk trikotilomania adalah terapi perilaku kognitif dan dukungan emosional.

6. Kekurangan nutrisi

Ketika anak-anak kehilangan nutrisi penting seperti zat besi, seng, biotin, niasin dan protein, mereka cenderung mulai kehilangan rambut. Kekurangan nutrisi dapat disebabkan karena gangguan makan seperti bulimia dan anoreksia atau diet rendah protein.

Selain itu, penyebab rambut rontok lainnya pada anak-anak adalah kelainan tiroid, diabetes mellitus, anemia, lupus erythematosus sistemik, dan kelainan struktural batang rambut.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Tags :


Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro