Ilustrasi/Greenenterprise
Relationship

5 Langkah Digital Untuk Capai Resolusi Bisnis di tahun 2020

Dionisio Damara
Rabu, 8 Januari 2020 - 09:15
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA – Memasuki tahun 2020, sudahkah Anda menyusun strategi untuk mengembangkan bisnis Anda di tahun ini? Atau justru Anda baru mulai berpikir untuk membangun sebuah usaha?
 
Dalam tahap memulai atau mengembangkan, ada baiknya mencari tahu lebih dulu tentang cara mengelola bisnis dengan tepat dan efisien, sehingga bisa memaksimalkan sumber daya yang dimiliki. Salah satunya, dengan memanfaatkan teknologi.
 
Melalui berbagai platform usaha berbasis digital, Anda bisa mengelola bisnis anda sehari-hari dengan lebih mudah dan menyenangkan. Berikut lima langkah mengembangkan bisnis dengan memanfaat teknologi.
 
1. Mulai dari kelola efektivitas kinerja bisnis

Susun setiap pekerjaan dalam bisnis Anda menjadi semakin terstruktur sesuai dengan kebutuhannya. Ketika to-do-list dan target bisnis teratur, Anda bersama anggota tim dapat berkolaborasi secara efektif mengenai tugas dan peran pekerjaan.

Anda juga harus terus memantau kinerja operasional bisnis itu sendiri. Untuk mengetahui sejauhmana perkembangan bisnis yang Anda jalani.
 
2. Pentingnya membuat kanal komunikasi bisnis
 
Dalam dunia bisnis, kanal komunikasi merupakan hal yang paling esensial untuk berbagi informasi antar tim. Gunakan aplikasi yang dapat memudahkan tim Anda untuk berkomunikasi secara efektif melalui fitur nya yang sederhana.
 
Pilih juga kanal komunikasi yang bisa bersinergi dengan berbagai platform lain seperti Trello, Google Drive, Dropbox, Hangout, dan lain-lain untuk menunjang kebutuhan bisnisnya.
 
Yang terpenting, kanal ini harus aman sehingga rahasia bisnis Anda terjaga.

3. Bangun profil usaha dan bisnis Anda melalui Website
 
Di era sekarang, masyarakat dengan mudah mendapatkan informasi hanya dengan melalui mesin pencarian seperti google, dan sebagainya. Untuk itu, pengaplikasian website pada bisnis Anda dihitung sangat penting dalam memberikan visibility akan bisnis Anda pada publik.
 
Memberikan informasi usaha Anda secara komprehensif agar dapat diketahui khalayak banyak. Akan banyak peluang yang terbuka ketika bisnis Anda mampu memiliki website, terutama hal ini dapat meningkatkan trust dan juga credibility (kredibilitas) dari perusahaan Anda.
 
Berbagai situs yang tersedia di internet memberikan layanan untuk membuat website secara gratis, seperti WIX, WebsiteBuilder, IM Builder, SiteBuilder, dan sebagainya.
 
4. Perluas bisnis Anda melalui platform Marketplace
 
Marketplace menjadi industri primadona yang saat ini digaung-gaungkan dalam era ekonomi digital. Untuk itu, marketplace telah menjadi salah satu solusi bagi para pemilik usaha dan bisnis dalam memperluas pasarnya.
 
Marketplace dapat menjadi subtitusi dari Website, ketika bisnis belum terlalu besar untuk dipasarkan, Marketplace dapat membantu memberikan pangsa pasar yang lebih banyak dan luas. Marketplace yang saat ini kita kenal seperti Tokopedia, Shopee, Lazada, dan sebagainya.
 
5. Gunakan platform pengelolaan bisnis yang lengkap dan terintegrasi
 
Manajemen pengelolaan merupakan hal yang vital dalam jalannya pertumbuhan operasional bisnis. Terutama dalam bentuk platform digital yang dapat memfasilitasi semua kebutuhan bisnis, tidak hanya dalam hal manajemen keuangan, tetapi juga solusi dalam pengelolaan bisnis secara keseluruhan.
 
Berbagai teknologi digital masa kini dapat dimanfaatkan kemampuannya untuk mengelola bisnis secara keseluruhan.
 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Tags :


Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro