Academy Awards ke-92, Natalie Portman Pakai Jubah Protes

Natalie Portman melakukan aksi protes menggunakan busananya.
Nirmala Aninda
Nirmala Aninda - Bisnis.com 10 Februari 2020  |  16:13 WIB
Academy Awards ke-92, Natalie Portman Pakai Jubah Protes
Patung piala Oscar. - ilustrasi

Bisnis.com, JAKARTA -- Akrtris Natalie Portman menghadiri Academy Awards ke-92 dengan pakaian yang menyatakan satu pesan berani.

Portman mengenakan jubah Dior yang disulam dengan nama-nama sutradara wanita yang tidak masuk dalam nominasi Oscar tahun ini.

"Saya ingin memberikan penghormatan para wanita yang kerja kerasnya tidak dianggap tahun ini dengan cara saya yang halus," kata aktor itu kepada Los Angeles Times di karpet merah, dikutip melalui Time Senin (10/2).

Nama-nama yang disulam dengan benang emas itu merujuk pada Lulu Wang (The Farewell), Lorene Scafaria (Hustlers), Greta Gerwig (Little Women), Marielle Heller (A Beautiful Day in the Neighborhood), Melina Matsoukas (Queen & Slim), Alma Har'el (Honey Boy), Mati Diop (Atlantics) dan Céline Sciamma (Portrait of a Lady on Fire).

Natalie Portman pakai jubah protes di Oscar 2020

Aktris Natalie Portman di Oscar 2020, Hollywood melakukan aksi protes dengan menggunakan jubah berhiaskan nama-nama sutradara wanita yang tak disertakan dalam Oscar./Antara

Terlepas dari sejumlah film yang diakui secara kritis merupakan karya sutradara wanita, hanya pria yang dinominasikan dalam kategori Sutradara Terbaik Oscar pada tahun 2020.

Portman sebelumnya secara terbuka memberikan kritik atas minimnya bentuk apresiasi kepada para sutradara wanita. Pada tahun 2018, dia dengan sengaja menekankan pada “all-male nominees” saat membacakan pemenang Sutradara Terbaik di Golden Globes.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
Film, film hollywood

Editor : Novita Sari Simamora
KOMENTAR


Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top